Senin, 14 Juli 2014

Pacitan Diguncang Gempa 5,6 SR, Terasa Hingga Jogjakarta

Jawa timur kembali diguncang gempa, tepatnya didekat pacitan Jawa Timur, kali ini dengan skala 5,6 SR dan dampaknya terasa sampai ke Jogjakarta. Bahkan ada yang mengatakan getarannya terasa pula di surabaya dan solo. Terjadi pada siang tadi jam 12:05:02 WIB, 14 Juli 2014.

Lokasi gempa menurut data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) adalah pada 9.06 lintang selatan, 111.24 bujur timur dan 104 km Tenggara Pacitan. Untuk kedalaman gempa sendiri 10 km dan lokasinya berada di lautan. Belum ada laporan tentang kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa ini namun warga sekitar lokasi gempa diharapkan waspada.

Pacitan Diguncang Gempa 5,6 SR

Kepala Pusat Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa gempa yang berpusat di Samudera Hindia pada kedalaman 10 kilometer tersebut tidak berpotensi tsunami. Semoga saja hal ini benar adanya sehingga tidak akan terjadi kerusakan bangunan yang parah dan korban jiwa.

Masyarakat tetap diminta tenang dan waspada, mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah setempat, jangan mudah terpancing isu-isu yang tidak bertanggung jawab tentang gempa bumi dan tsunami.