Minggu, 17 Maret 2013

Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat bangun pagi bagi kesehatan tubuh sebenarnya cukup banyak, namun diantara kita masih ada saja yang bangun tidurnya kesiangan atau bahkan benar-benar siang hehe. Jika anda termasuk orang yang suka malas-malasan untuk bangun di pagi hari sebaiknya anda teruskan baca artikel ini siapa tahu bisa menginspirasi anda untuk berubah dari kebiasaan buruk tersebut.

1. Meningkatkan produktifitas
Anda pasti terkejut jika mengetahui bahwa kebanyakan orang sukses di dunia adalah suka bangun lebih awal di pagi hari. Dengan bangun pagi lebih awal akan membuat anda menjadi pembuat keputusan, perencana serta penata tujuan yang lebih baik. Setelah mengalami tidur malam yang nyenyak, otak anda sudah kembali pulih dan siap untuk dipakai bekerja keras. Saat tersebut anda akan bisa melakukan sesuatu lebih cepat dan lebih baik.

2. Kesehatan mental yang lebih baik
Yah, dengan bangun pagi lebih awal anda akan mencapai kesehatan mental yang lebih baik. Beberapa studi sudah menunjukkan bahwa orang yang suka bangun pagi seringkali lebih positif dan optimis dan lebih mungkin untuk merasakan kesenangan dalam kehidupan yang mereka jalani. Hal ini berbanding terbalik dengan orang-orang yang suka begadang dan jam tidur malamnya berantakan, mereka dapat membayar harganya dengan menjadi lebih mudah terserang depresi dan beberapa masalah kesehatan mental lainnya.

Manfaat Bangun Pagi
Ilustrasi bangun pagi
3. Lebih banyak waktu untuk olahraga
Apabila anda bangun tidur terlalu mepet dengan jam kerja maka tidak akan ada waktu untuk berolahraga. Padahal olahraga ringan di pagi hari sebaiknya perlu untuk anda lakukan untuk melancarkan peredaran darah dan membakar seikit kalori agar tidak mudah capek dan ngantuk di tempat kerja.

4. Meningkatkan kualitas tidur malam anda
Dengan kebiasaan bangun tidur lebh awal di pagi hari maka mau tidak mau anda akan berangkat tidur lebih awal, dan ini tentu saja akan membuat jam tidur anda lebih panjang dan kualitas tidur menjadi bagus.

5. Dapat merasakan udara segar dengan tingkat polusi yang rendah
Bangun di pagi hari member kesempatan tubuh untuk menghirup udara segar sehingga kualitas oksigen yang diperoleh pun dapat memberikan efek pada tubuh, diantaranya memaksimalkan kerja otak, mencegah terjadinya kerusakan pada paru-paru, memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Mungkin masih banyak manfaat kesehatan yang lainnya yang dapat kita peroleh dengan bangun tidur lebih awal. Oke, jika anda sebelumnya suka molor kalau bangun dan berniat mengubah gaya hidup anda dengan bangun lebih awal maka saya akan mengucapkan selamat, karena kualitas hidup anda akan meningkat menjadi lebih baik.