Minggu, 13 Juli 2014

Tips agar betah di tempat kerja dan merasa bahagia

Tips agar betah di tempat kerja saya rasa akan dibutuhkan bagi para karyawan baik itu pekerja kantoran, buruh pabrik, ataupun di bidang pekerjaan yang lain seperti berdagang.

Apabila saat ini anda merasa jenuh dan tidak betah di tempat kerja, maka percayalah bahwa anda tidak sendirian. Di luar sana banyak orang yang senasip dengan anda bahkan mungkin lebih parah.

Berbicara mengenai "tidak betah di tempat kerja" sebenarnya ada 2 faktor penyebabnya yaitu internal dan eksternal. Faktor internal misalnya anda merasa tidak percaya diri, terlalu pendiam, kemampuan sosialisasi minim sehingga merasa terkucilkan, pemalas, dsb. Sedangkan faktor eksternal misalnya dimarahi bos, tidak disenangi rekan kerja, gaji yang tak sesuai dengan beratnya pekerjaan, pembagian kerja yang tak adil, memiliki atasan yang jahat, dsb.

Sebenarnya ada 2 solusi untuk mengatasi permasalahan anda tersebut. Yang pertama adalah melakukan upaya perubahan diri agar tercipta lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman. Yang kedua, apabila memang anda tidak kuat lagi menanggung beban di lingkungan kerja saat ini mengapa tak resign saja dan mencari lingkungan tempat kerja yang baru. Namun, tentu saja harus dipikirkan secara matang darimana anda akan mendapatkan pemasukan selama menganggur dan apakah bisa segera menemukan pekerjaan baru atau tidak.

Tips agar betah di tempat kerja

Apabila anda memutuskan untuk mengambil solusi yang pertama, maka berikut ini kami akan memberikan tips-tipsnya bagaimana agar menjadi betah di tempat kerja.

1. Awali semuanya dengan senyuman

Selalu awali hari anda dengan senyuman. Baik disadari atau tidak sebenarnya hanya dengan tersenyum anda akan mengubah banyak hal dalam diri anda.

Beberapa manfaat tersenyum antara lain membuat pikiran lebih rileks, mengurangi stress, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat anda terlihat sebagai orang yang positive thinking dan punya semangat untuk sukses, wajah terlihat lebih muda, dan lebih mudah membuat orang lain tertarik pada kita untuk berteman.

2. Lebih memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion

Apabila datang beberapa tawaran pekerjaan kepada anda, maka sebaiknya anda memilih pekerjaan yang lebih sesuai dengan passion. Karena itu akan membuat pekerjaan seberat apapun akan jadi terasa ringan dan menyenangkan. Ada loh beberapa orang yang lebih menyukai pekerjaan yang sesuai dengan passion meskipun gajinya tak sebesar di bidang lainnya. Tapi, kalau bisa ya gaji besar dan sesuai passion hehe.

3. Akrab dengan rekan kerja, atasan, ataupun bawahan (be open, be supportive dan be respectful)

Karena manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial, tentu saja anda akan membutuhkan teman di lingkungan kerja. Sikap jaga image dan kurang bersahabat hanya akan merugikan diri anda sendiri. Karena pada suatu saat akan tercapai suatu titik di mana anda merasa terasing dan diasingkan di tempat kerja. Luangkan waktu untuk bergaul di saat yang tepat dan tunjukkan bahwa anda ingin berteman (be open). Tunjukkan empati anda kepada rekan kerja dan bantulah mereka yang membutuhkan bantuan asalkan itu tidak mengganggu pekerjaan anda sendiri (be supportive). Tapi jangan lupa untuk selalu menjaga sikap anda dalam berhubungan, jangan lupa untuk mengucapkan tolong, terima kasih, maaf dan hormatilah privasi rekan kerja (be respectful).

Berdasarkan sebuah studi Relationships @Work yang dilakukan oleh LinkedIn dengan melakukan survei terhadap 11.500 pekerja profesional purna waktu di 14 negara termasuk Indonesia menunjukkan bahwa untuk profesional berusia antara 18-24 tahun, berpendapat bahwa berteman dengan rekan kerja memiliki pengaruh yang positif, membuat mereka merasa lebih bahagia (55 persen), termotivasi (68 persen) dan lebih produktif (59 persen).

4. Mencari tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja

Kalau untuk yang ini opsional tergantung kebutuhan. Tapi tinggal di dekat tempat kerja meskipun itu sekedar mengontrak rumah atau kos memiliki banyak manfaat, anda tak perlu setiap hari berkendaraan jauh menuju tempat kerja. Lebih terbebas dari stress dan capek sehingga bisa datang di tempat kerja dalam keadaan masih segar dan semangat yang tinggi.

5. Membawa barang yang anda sukai ke tempat kerja

Anda bisa saja membawa bingkai foto keluarga, jam tangan kesayangan, majalah kesukaan, makanan favorit ke tempat kerja agar lebih bersemangat. Tapi yang wajar saja biar tidak menjadi bahan perbincangan orang lain ataupun menjadi korban bully hehe.

6. Bersikap asertif di tempat kerja

Asertivitas adalah suatu kemampuan untuk mengkomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain namun dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan orang lain.

Anda perlu bersikap baik sama siapapun tapi juga harus tegas. Karena orang yang terlalu baik dan suka mengalah biasanya malah kurang dihargai dan rentan dijadikan obyek penderita di kantor. Tegas di sini bukan berarti kasar, tapi berani menolak dan berkata tidak apabila mendapat perlakuan kurang menyenangkan atau merugikan anda dari rekan kerja.

7. Makan di luar pada jam istirahat bersama rekan-rekan kerja

Seharian di kantor atau tempat kerja tentu membuat anda merasa jenuh, cobalah makan di luar bersama rekan-rekan anda. Selain bisa mencicipi menu yang baru, menyegarkan suasana juga mampu menjalin hubungan pertemanan yang lebih menyenangkan.