Rabu, 16 Juli 2014

Cara melihat, mengecek spek komputer atau laptop dengan mudah

Cara melihat atau mengecek spesifikasi komputer atau laptop sekarang ini bisa dilakukan dengan amat mudah, yaitu cukup menggunakan sebuah software. Yang saya rekomendasikan untuk urusan ini diantaranya adalah CPU-Z dan Speccy.

Dengan salah satu software tersebut anda tak perlu lagi repot hanya untuk mengetahui spesifikasi sebuah komputer atau laptop. Sehingga bisa membeli spare part pengganti dengan benar apabila suatu saat mengalami kerusakan. Kegunaan lainnya yaitu bisa mengetahui suhu suatu hardware komputer.

1. CPU-Z

Dengan CPU-Z anda akan bisa mengetahui spesifikasi komputer atau laptop dengan sangat mudah dan praktis, cukup install di komputer dan jalankan. Tak hanya menampilkan spek komputer secara detail, CPU-Z juga dapat mengetahui stabilitas kinerja dari CPU kita terutama stabilitas kecepatan clock processornya.

Baca juga Mendeteksi Hardware Komputer Dengan PC Wizard

cara mengecek spek komputer

Anda bisa mendapatkan CPU-Z di sini http://download.cnet.com/CPU-Z/3000-2086_4-10050423.html

2. Speccy

Dengan Speccy anda tak perlu lagi menggunakan Bios atau menjalankan fungsi Run pada Windows kalau hanya untuk mengecek spesifikasi komputer atau laptop. Cukup jalankan saja softwarenya maka detail tentang spesifikasi motherboard, CPU, RAM, grafis, OS, dll akan diperlihatkan. Tak hanya spesifikasi, akan tetapi Speccy juga menampilkan suhu pada masing-masing hardware sehingga bisa mendeteksi apabila ada hardware yang suhunya terlalu panas. Anda bisa melihat screenshotnya pada gambar di bawah.

cara melihat spek komputer

Anda bisa mendapatkan Speccy di sini http://download.cnet.com/Speccy/3000-2094_4-75181811.html

Yah, selamat mencoba dan semoga info ini memberikan manfaat bagi pembaca. Follow Updatekeren.com agar mendapatkan info update lainnya seputar teknologi.