Selasa, 22 Juli 2014

Apa perbedaan coklat hitam dan coklat biasa ?

Perbedaan coklat hitam (dark chocolate) dan coklat biasa (coklat susu atau coklat yang rasanya manis seperti permen) mungkin masih menjadi misteri bagi sebagian orang. Karena saya dulu juga bingung apa sih perbedaan keduanya, bukannya sama-sama terbuat dari cokelat?

Soalnya, saya seringkali menemukan artikel di internet mengenai manfaat coklat hitam bagi kesehatan. Misalnya seperti ini 6 manfaat kesehatan dari coklat hitam (dark chocolate) yang luar biasa.

Ternyata, setelah saya mencari tahu ke berbagai sumber akhirnya paham juga. Berikut adalah penjelasan ringkasnya :

Di dunia ini produk coklat dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, yaitu Unsweetened chocolate (coklat tanpa pemanis), dark chocolate (coklat hitam), milk chocolate (coklat susu), "Hershey Process" milk chocolate, white chocolate (coklat putih), Cocoa powder (bubuk kokoa), Compound chocolate, Raw chocolate (coklat mentah).

perbedaan coklat hitam
Ilustrasi coklat hitam dengan kandungan padatan kakao 69%
Sebenarnya tidak ada definisi baku terhadap coklat hitam, akan tetapi yang dimaksud yaitu coklat tanpa tambahan produk susu atau hanya sejumlah kecil tambahan produk susu. Komposisi pada produk coklat hitam adalah cairan cokelat, gula, cocoa butter, vanili dan lesitin. Biasanya teksturnya agak padat serta rasa dominannya adalah pahit dengan sedikit rasa manis. Itu karena konsentrasi coklat asli (dari biji kakao) nya lebih pekat.

Setidaknya ada 3 jenis coklat hitam yang dijual di pasaran, yaitu Bittersweet chocolate (colat manis pahit), Semi-sweet chocolate (coklat setengah manis), dan Sweet dark chocolate (coklat hitam yang manis).

Sweet dark chocolate mengandung padatan kakao sebesar 20-40%, Bittersweet chocolate dan Semi-sweet chocolate mengandung padatan kakao setidaknya 35%. Namun, kebanyakan Bittersweet chocolate diproduksi dengan kandungan setidaknya 50% padatan kakao. Untuk Semi-sweet chocolate seringkali dianggap lebih manis daripada Bittersweet chocolate. Meskipun sebenarnya tidak ada aturan baku berapa batas penambahan gulanya. Namun, diantara ketiganya Sweet dark chocolate-lah yang memiliki rasa paling manis.

Kalau untuk coklat susu teksturnya lebih lembut dan creamy serta berasa manis karena konsentrasi padatan kakaonya lebih sedikit. Dan merupakan campuran produk susu, gula dan krim yang lebih banyak dibanding kandungan coklat "asli" nya.

Coklat hitam memiliki lebih sedikit kalori dan dipercaya memiliki banyak khasiat kesehatan. Jadi, apabila ada pecinta cokelat akan tetapi seringkali mengeluh mengenai beberapa masalah yang katanya akibat makan cokelat seperti timbulnya jerawat atau berat badan bertambah. Sebenarnya itu lebih mungkin diakibatkan oleh bahan tambahan seperti gula dan produk susu yang terdapat dalam coklat yang anda konsumsi secara berlebihan. Itulah perbedaan antara coklat hitam dengan coklat manis yang sering anda beli di supermarket.