Jumat, 18 Juli 2014

Mendeteksi Hardware Komputer Dengan PC Wizard

Bagi pengguna Windows, pada artikel sebelumnya sudah saya ulas bagaimana cara melihat, mengecek spek komputer atau laptop dengan mudah dengan menggunakan Speccy atau CPU-Z. Berikutnya saya akan mencoba mengulas bagaimana cara mendeteksi hardware komputer dengan PC Wizard.

PC wizard dan CPu-Z berasal dari pengembang yang sama, dan keduanya juga memiliki fungsi yang mirip. Bedanya, CPU-Z lebih simple dan ringan sedangkan PC Wizard sedikit lebih berat akan tetapi memiliki fungsi yang lebih kompleks.

PC Wizard adalah salah satu aplikasi tercanggih, yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan informasi mengenai sistem komputer anda. Aplikasi ini mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam mendeteksi hardware dan melakukan analisa atas hardware yang ada. PC Wizard juga dapat mengidentifikasi komponen dari suatu sistem dalam skala yang besar. Biasanya alat ini diupdate secara berkala setiap sebulan sekali dalam rangka menyediakan hasil yang terakurat.

PC Wizard juga didesain untuk melakukan benchmark terhadap CPU performance, Cache performance, RAM performance, Hard Disk performance, CD/DVD-ROM performance, Removable/FLASH Media performance, Video performance, MP3 compression performance.

Screenshot PC Wizard :

Cara Mendeteksi Hardware Komputer

Anda bisa mendapatkannya di situs resmi CPUID yang beralamatkan di http://www.cpuid.com/softwares/pc-wizard.html.

PC Wizard dapat dipergunakan pada komputer yang memiliki sistem operasi :

- 32-bit (x86-32) : Windows 95, 98, 98 SE, Me, NT SP4, 2000, XP Home/Professional, XP (SP1/SP2/SP3), Vista (SP1/SP2), WinPE 2.0, Seven.

- 64-bit (x86-64, IA-64) : Windows XP/2003, Server 2003,Server 2003R2, Vista, Seven.