Senin, 21 Juli 2014

6 manfaat kesehatan dari coklat hitam (dark chocolate) yang luar biasa

6 manfaat kesehatan dari coklat hitam akan menjadi kabar yang bagus bagi pecinta coklat. Selama ini anda mungkin sudah mendengar tentang manfaat coklat hitam yang dipercaya dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Namun, ternyata tak hanya itu saja manfaat yang dikandungnya, masih ada yang lainnya. Penasaran apa saja 6 manfaat kesehatan dari dark chocolate? Simak berikut ini.

manfaat kesehatan coklat hitam
Ilustrasi coklat hitam / dark chocolate

1. Coklat hitam baik untuk kesehatan jantung
Penelitian menunjukkan bahwa memakan jumlah kecil coklat hitam 2 atau 3 kali setiap minggunya dapat membantu menurunkan tekanan darah anda. Coklat hitam ini akan meningkatkan aliran darah dan membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Mengonsumsi coklat hitam juga mampu mencegah pengerasan pembuluh darah atau yang disebut dengan arteriosclerosis.

2. Coklat hitam baik untuk otak anda
Selain meningkatkan aliran darah ke jantung, mengonsumsi coklat hitam juga mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Sehingga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Tak hanya itu, ternyata coklat hitam ini juga mampu membantu mengurangi risiko terkena penyakit stroke.

Anda perlu tahu bahwa coklat hitam juga memiliki kandungan phenylethylamine (PEA), yaitu suatu senyawa kimia yang diproduksi oleh otak ketika anda sedang merasakan jatuh cinta. PEA akan mendorong otak anda untuk mengeluarkan Endorfin, sehingga pada akhirnya anda akan merasa lebih bahagia. Mungkin itu sebabnya jika orang makan coklat akan membuat hatinya lebih tenang dan katanya bahkan bisa bikin senyum senyum sendiri hehe.

Kandungan lainnya dalam coklat hitam yaitu kafein. Akan tetapi jumlahnya lebih kecil daripada yang terdapat dalam kopi. Dalam kaitannya dengan otak, dipercaya bahwa kafein dapat membantu anda untuk berpikir lebih cepat serta meningkatkan penampilan mental dan memori.

3. Coklat hitam membantu mengontrol gula darah
Coklat hitam membantu menjaga kesehatan pembuluh darah anda dan melancarkan sirkulasi untuk melindungi dari diabetes tipe 2. Kandungan Flavonoid dalam coklat hitam juga membantu mengurangi resistensi insulin dengan membantu sel-sel untuk berfungsi secara normal dan mendapatkan kembali kemampuan untuk menggunakan insulin tubuh anda secara efisien. Selain itu, coklat hitam juga diketahui memiliki indeks glikemik rendah yang berarti bahwa ini tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

4. Coklat hitam penuh akan kandungan antioksidan
Dalam coklat hitam terkandung antioksidan. Ini adalah senyawa yang membantu membebaskan tubuh anda dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif terhadap sel-sel tubuh. Radikal bebas ini dipercaya sebagai penyebab timbulnya penuaan dini dan juga biang penyebab kanker. Jadi, dengan memakan coklat hitam yang kaya antioksidan dapat melindungi anda dari berbagai jenis kanker dan juga memperlambat tanda-tanda penuaan.

5. Coklat hitam juga mengandung Theobromine
Coklat hitam juga mengandung Theobromine yang mana diketahui dapat membantu menguatkan enamel gigi. Jadi, tak seperti makanan manis lainnya yang justru dapat merusak gigi. Tapi tentu saja anda masih perlu untuk merawat kesehatan mulut anda secara benar. Karena penyebab gigi keropos itu adalah karena hasil dari asam laktat yang diproduksi oleh bakteri di dalam mulut. Anda perlu rajin menggosok gigi 2 kali sehari agar kesehatan mulut lebih terjaga.

6. Coklat hitam juga kaya kandungan vitamin dan mineral
Kandungan vitamin dan mineral dalam coklat hitam diantaranya adalah vitamin C, vitamin E, kalium, kalsium, magnesium, potasium, zat besi dan tembaga. Tembaga dan potasium dalam coklat hitam dapat membantu mencegah serangan stroke dan penyakit kardiovaskular. Untuk zat besi memiliki manfaat melindungi dari anemia, sedangkan magnesium membantu mencegah diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.