Selasa, 23 Juli 2013

Tips Membeli Mobil Bekas Yang Aman dan Berkualitas

Tips membeli mobil bekas yang aman dan berkualitas pasti dibutuhkan bagi para pembaca yang saat ini sedang ingin membeli sebuah mobkas. Selain membaca tips ini sebaiknya anda juga mengajak rekan yang berpengalaman agar bisa mendapatkan mobkas yang masih baik serta aman.

Jangan sampai deh mobkas yang anda beli nantinya ternyata adalah mobil curian ataupun memiliki kerusakan-kerusakan yang tidak diharapkan.

Untuk itu berikut ini saya akan memberikan beberapa tips membeli mobil bekas yang bisa anda pergunakan sebagai referensi tambahan sebelum membeli mobil bekas dari pihak lain.

1. Mengecek kondisi fisik mobil terlebih dahulu
Hal ini perlu anda lakukan, bahkan apabila diperlukana anda bisa membuka bagasi mobil serta melihat lapisan body mobil pada bagian dalam. Hal ini bisa menjadi nilai tambah bagi anda apabila kondisi fisik mobil ternyata masih prima.

Tips membeli mobil bekas
Ilustrasi mobil bekas
2. Cek kondisi mesin
Untuk mengecek kondisi mesin kendaraan yang akan anda beli sangatlah penting karena anda tentunya tidak mau performa kendaraannya mengecewakan. Anda perlu melakukan test drive biar mengecek secara langsung mulai dari suara mesin dan getaran mesin, perpindahan perseneling, engine mounting, hentakan kopling ketika kendaraan melaju serta mengecek pada bagian kelistrikan. Perlu anda ketahui kondisi lampu rem, lampu utama, AC, kontak engine dsb. Apabila anda merasa awam dalam hal tersebut maka sebaiknya anda mengajak orang yang sudah ahli menyertai anda. Dan hal lainnya yang bisa anda coba adalah mencoba mobil tersebut melewati jalan berlubang biar anda bisa mengetahui seberapa besar kelenturan shock breaker mobkas tersebut.

3. Mengetahui keabsahan berkas penjualan
Anda perlu mengecek apakah mobil tersebut memiliki surat yang sah baik masa pajak, kesamaan nomor rangka dan mesin dengan STNK dan BPKBnya, hingga faktur jual belinya. Faktur jual beli ini cukup penting karena bisa sebagai syarat penjaminan asuransi kendaraan dan catatatan kepolisian bahwa mobil yang anda beli memang telah dipindahtangankan secara sah.

4. Mengetahui tahun pembuatan mobil
Hal ini cukup penting untuk anda ketahui karena umumnya semakin tua usia suatu mobil maka harganya akan dibawah atau lebih murah dari mobil dengan tahun produksi yang lebih baru.

5. Mengetahui harga pasaran
Anda perlu untuk mengetahui harga pasaran mobil yang akan anda beli biar tidak mendapatkan harga yang kemahalan dari harga pasaran.

Update! Tips tambahan dalam membeli mobkas :

1. Tempat yang paling aman membeli mobkas ialah showroom atau dealer mobkas yang terpercaya.

2. Jangan mudah tertarik dengan tawaran mobkas yang harganya jauh di bawah harga pasaran/harga miring karena bisa jadi itu adalah mobil curian.

3. Datangi bagian Tata Usaha STNK dan BPKB kantor samsat di Polda setempat untuk memastikan bahwa mobil yang akan anda beli tersebut tidak bermasalah ataupun pernah masuk di dalam daftar blokir (mobil hilang).

4. Anda berhak meminta salinan KTP atau identitas sang penjual, jangan lupa catat alamat dan nomor teleponnya. Ini diperlukan jika sewaktu-waktu anda membutuhkan data untuk mengurus surat-surat kendaraan yang telah anda beli tersebut.
5. Jika mobil bekas tersebut sudah di tangan anda maka usahakan untuk segera melakukan balik nama.

Itulah beberapa tips membeli mobil bekas yang aman yang sepertinya perlu untuk anda pertimbangkan. Jika pembaca merasa memiliki tips lainnya yang mungkin terlewatkan dalam artikel ini ma anda bisa menambahkan tipsnya lewat kolom komentar yang tersedia di bawah ini.