Kamis, 29 Mei 2014

Bagaimana cara mempromosikan produk lewat internet tanpa harus membayar tapi bisa laku?

Bagaimana cara mempromosikan produk lewat internet tanpa harus membayar tapi bisa laku, merupakan pertanyaan yang sering diutarakan oleh para penjual barang via online yang bermodal kecil seperti saya.

Mungkin diantara pembaca blog ini ada yang mengalami nasip sama dengan saya di mana memiliki stok barang dan ingin menjualnya secara online tapi tidak mau mengeluarkan biaya buat promosi. Atau jika memang harus keluar biaya itupun ditekan seminimal mungkin hehe.

Okelah, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan dan itu sudah banyak diterapkan oleh para seller yang lainnya. Tentu saja untuk masalah sukses atau tidaknya tergantung usaha dan nasib masing-masing orang.

1. Memanfaatkan Facebook dan twitter

Untuk berpromosi lewat fb kita bisa melakukannya secara berbayar ataupun tanpa bayar. Untuk yang berbayar yaitu dengan menggunakan Facebook ads. Dengan Fb ads ini anda akan bisa mempromosikan produk anda secara targeted banget jika mengetahui caranya. Dan bukan tidak mungkin bisa mengembalikan modal sampai berpuluh kali lipat. Namun, saya tak akan membahas mengenai Fb ads pada artikel ini.

Oke lanjut, untuk berpromosi lewat Facebook tanpa harus mengeluarkan biaya juga ada beberapa metode yang bisa anda lakukan, tergantung kreatifitas. Asalkan anda melakukannya secara sopan agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna lainnya misalnya saja dengan sembarangan ngetag orang lain.

Sebagai contoh anda bisa membuat grup Facebook atau Fanspage yang temanya berkaitan dengan produk yang anda jual dan sering-seringlah berbagi info bermanfaat dan ngeshare linknya ke grup-grup Facebook dan fanpage-fanpage yang rame pada jam-jam tertentu sekiranya banyak user yang online biar banyak yang melihat link yang anda share dan bergabung ke grup Facebook anda.

Penting untuk anda catat bahwa sebaiknya anda jangan melakukan SPAM agar tidak mendapat respon negatif dari pengguna yang lain. Jika nantinya member grup Facebook anda sudah banyak, anda bisa terus berbagi info menarik dan bermanfaat diselingi dengan status promosi produk anda. Dengan begitu produk anda akan dilihat oleh banyak orang. Perlu anda ketahui bahwa ada banyak toko online yang memanfaatkan FB ads untuk tujuan memperoleh member grup Facebook atau fanpage yang banyak. Selanjutnya mereka akan mengupdate status info bermanfaat diselingi dengan promosi produk. Metode ini cukup efektif untuk menjaring pelanggan yang loyal.

Untuk promosi via Twitter anda sebaiknya membuat ID twitter dengan nama yang berhubungan dengan produk yang anda jual. Tips lainnya untuk berpromosi lewat Twitter adalah sebagai berikut :
  • Jika anda memiliki website, pasanglah linknya pada akun Twitter anda
  • Promosikan ID Twitter anda, misalnya setiap kali anda meninggalkan komentar di situs yang rame jangan lupa untuk menyertakan ID Twitter anda biar dilihat banyak orang
  • Gunakan hashtag (#) di depan kata kunci setiap kali anda membuat tweet di akun Twitter anda, ini merupakan salah satu cara untuk membuat akun Twitter anda terkenal
  • Follow-lah akun Twitter yang terkenal dan seringlah retweet mereka agar kamu mendapatkan perhatian (caper) 
  • Jika akun Twitter anda sudah memiliki cukup banyak follower, selingilah tweet tentang kata-kata motivasi, berita terupdate, serta tweet bermanfaat lainnya disela tweet promosi produk anda
  • Saling follow dengan orang yang memiliki kesamaan minat atau hobi
Dan mungkin anda bisa mengembangkan tips lainnya menurut kreatifitas anda sendiri asalkan sebisa mungkin hindari melakukan spam agar tidak mengganggu kenyamanan user yang lainnya.

Bersambung...