Minggu, 28 Juli 2013

Pengertian Sistem

Pengertian sistem bisa diartikan dalam banyak sudut pandang, sehingga pendapat masing-masing ahli mengenai pengertian sistem mungkin akan diungkapkan dengan cara berbeda-beda menurut sudut pandang mereka meskipun mungkin apa yang dimaksud adalah sama.

Menurut wikipedia berbahasa indonesia, pengertian Sistem dalam pengertian yang paling umum adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka. Untuk kata sistem itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) yaitu suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Sekarang mari kita simak pendapat beberapa ahli mengenai pengertian sistem :

1. Menurut LUDWIG VON BARTALANFY
Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
2. Menurut ANATOL RAPOROT
Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
3. Menurut L. ACKOF
Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.

Mengacu pada beberapa definisi sistem di atas, dapat juga diartikan, sistem adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Sebagai contoh, dalam sistem komputer terdapat software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (sumber daya manusia).

Demikianlah apa yang dapat admin jelaskan mengenai pengertian sistem, semoga saja mudah dimengerti dan menambah wawasan bagi para pembaca.