Kamis, 02 Juli 2015

Macam-Macam Desain Kubah dan Keunggulan Kubah Masjid Berbahan GRC

Jika anda melihat sebuah bangunan masjid, biasanya di bagian atasnya terdapat kubah. Kubah adalah salah satu undur arsitektur yang berbentuk separuh bola atau seperti kerucut yang permukaannya melengkung keluar.

Selain itu masih ada bentuk "kubah piring". Kenapa disebut demikian? Karena puncaknya yang rendah dan dasarnya yang besar. Ada lagi "kubah bawang" Kenapa disebut demikian, tak lain karena hampir mnyerupai bentuk bawang.

Beberapa bentuk dari desain kubah yang lainnya, adalah sebagai berikut :

  • kubah GRC bawang/onion
  • kubah GRC hemispherical/setengah bola
  • kubah GRC kerumbi
  • kubah GRC layar/sail vault
  • kubah GRC crossed arch/lengkung menyilang
  • kubah geodesik
  • kubah GRC payung/umbrella
  • kubah GRC compound/bersususun
  • kubah GRC piring/saucer
  • kubah GRC oval
  • dan beberapa desain modifikasi yang lainnya

kubah grc masjid

Kubah ini biasanya akan diletakkan pada tempat tertinggi dari sebuah bangunan (sebagai atap). Dan sering kita jumpai pada bangunan masjid di Indonesia, atau bahkan di luar negeri.

Bahan untuk pembuatan kubah masjid ini bisa bermacam-macam, salah satunya dari GRC. Kubah dari bahan ini memiliki banyak keunggulan sehingga di jaman sekarang ini masih banyak diminati masyarakat.

Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kubah masjid berbahan GRC, seperti kami kutip dari salah satu produsen kubah grc masjid di indonesia :

  1. Kubah masjid dengan bahan GRC memiliki bobot yang lebih ringan karena bahan pembuatnya dari komposit, dengan demikian tidak akan memberikan beban yang terlalu berat pada struktur bangunan dasar
  2.  Pemasangannya lebih mudah dan membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja, karena dipasang dengan cara merangkai lembaran-lembaran kubah yang sudah dicetak sebelumnya
  3.  Memiliki ketahanan terhadap sinar ultraviolet, jamut serta tidak mudah lapuk dan pengecatannya mudah. Yang tak kalah penting adalah ramah lingkungan dan bahkan lebih tahan terhadap benturan-benturan yang sifatnya ringan.
  4. Jika dibandingkan dengan kubah masjid yang dibuat dengan teknik cor, kubah grc untuk masjid akan memakan biaya yang lebih hemat
Maka dari itu, mengetahui banyaknya keuntungan dengan pemakaian kubah grc, kami sangat tertarik menuliskan artikel ini. Dengan harapan bahwa, ke depannya, akan lebih banyak lagi bangunan masjid yang mengaplikasikan kubah dengan bahan grc agar bisa lebih efisien.

Apakah diantara pembaca ada yang ingin menambahkan seputar kubah masjid berbahan GRC? Atau ada pengalaman-pengalaman lainnya ketika menggunakan kubah masjid dari bahan terterntu? Silahkan anda bagikan pendapat anda via kolom komentar. Atau apapun itu pandangan/pendapat anda jika masih berkaitan dengan topik ini, silahkan diutarakan. Terima kasih sebanyak-banyaknya sudah meluangkan waktu membaca catatan kecil ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar