Selasa, 25 September 2012

Pengertian Vitamin

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi mengenai pengertian vitamin. Vitamin merupakan sekelompok senyawa organik amina berbobot molekul kecil yang mempunyai fungsi vital dalam metabolisme organisme dan tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Vitamin dapat diperoleh dari lingkungan dengan jumlah yang sangat kecil.

Vitamin dapat dibagi menjadi dua, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B dan vitamin C, sedangkan vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E dan vitamin K.

Menurut Dr. Michael B. Sporn, M.D pengertian vitamin adalah mikronutrien organik yang bekerja dalam tubuh bersama-sama dengan enzim untuk mengatur proses-proses metabolik dan mengubah protein dan karbohidrat menjadi energi serta jaringan. Vitamin ini sangat berperan dalam keaktifan enzim dalam tubuh anda.

pengertian vitamin

Dilihat dari pengertian vitamin, senyawa ini penting bagi tubuh dan berikut ini beberapa jenis-jenis vitamin yang memilki peranan penting dalam tubuh.

1.Vitamin A
Vitamin A merupakan vitamin yang berperan penting dalam kesehatan mata dan sebagai salah satu komponen penyusun pigmen mata pada retina. Vitamin inimudah rusak oleh paparan panas, cahaya matahari dan udara.

2.Vitamin B
Vitamin B ini berperan aktif dalam metabolisme tubuh terutama yang berkaitan dengan pelepasan energi. Sebagian dari vitamin B ini juga berperan dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin B ini dapat dengan mudah anda peroleh dari gandum, susu, ikan dan sayur-sayuran hijau.

3.Vitamin C
Vitamin C merupakan antioksidan alami yang menangkal radikal bebas dalam tubuh dari polusi lingkungan di sekitar kita. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen yang merupakan protein penting yang menyusun jaringan kulit, sendi dan jaringan penyokong lainnya.

4.Vitamin D
Bagian tubuh yang banyak dipengaruhi oleh vitamin D adalah tulang. Vitamin ini dapat mudah diperoleh dari makanan hewani seperi susu, keju, ikan dan produk olahan lainnya.

5.Vitamin E
Vitamin E juga merupakan antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas seperti halnya vitamin C. Vitamin ini bagus untuk kesehatan kulit anda.

6.Vitamin K
Vitamin K berperan dalam memperlancar sistemm peredaran darah dalam tubuh. Sumber vitamin ini adalah susu, kuning telur dan sayuran segar.

Itulah beberapa jenis-jenis vitamin sekaligus pengertian vitamin. Semoga bermanfaat untuk menjaga kesehatan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar