Selasa, 18 September 2012

Cara Mencegah Diabetes Secara Alami

Cara mencegah diabetes secara alami mungkin akan diperlukan bagi anda yang suka memakan makanan manis dalam jumlah besar. Perlu anda ketahui bahwa penyakit ini ternyata bisa menyerang siapa saja tak peduli usia muda ataupun tua.

Selama ini kita mengetahui ada 2 macam diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, meski sebenarnya jenis diabetes tak hanya itu.

Baik diabetes tipe 1 ataupun diabetes tipe 2 bisa menyerang pada hampir segala usia. Namun kecenderungannya untuk diabetes tipe 1 menyerang pasien yang berusia 20 tahun ke bawah. Sedangkan untuk diabetes tipe 2 biasanya menyerang pada rentang usia 35 tahun ke atas.

Pada penderita diabetes tipe 1, kehadiran penyakit ini sulit untuk diprediksi ataupun dicegah karena disebabkan oleh kelainan genetik yang merupakan bawaan semenjak lahir. Berbeda halnya dengan diabetes tipe 2 yang masih bisa dicegah dengan mengubah pola makan dan gaya hidup. Ini karena penyebab diabetes tipe 2 adalah karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat saat di usia muda, juga disebabkan karena insulin yang diproduksi tidak cukup atau sel tubuh tidak sensitif lagi terhadap insulin.

Baca juga : Apakah boleh penderita diabetes meminum madu setiap hari?

Cara Mencegah Diabetes Secara Alami

Bagaimanapun untuk kebanyakan kasus diabetes ini masih bisa dicegah. Untuk kasus diabates tipe 1 yang merupakan kelainan genetik atau bawaan lahir terjadi hanya kurang dari 5% dari semua penderita. Sedangkan penyakit diabets yang umum terjadi dan jumlahnya lebih dari 95% penderita adalah termasuk diabetes tipe 2.

Berikut ini adalah beberapa tips cara mencegah diabetes secara alami :

1. Berolahraga sampai berkeringat
Berolahraga sampai berkeringat adalah obat alamiah yang terbaik untuk mengatasi ataupun mencegah diabetes. Dengan berolahraga selain dapat mencegah diabetes juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga juga dapat mencegah timbulnya beberapa penyakit yang lainnya.

2. Kontrol berat badan
Salah satu pemicu diabetes adalah karena obesitas atau kelebihan berat badan. Maka salah satu cara efektif mencegah diabetes apabila anda kelebihan berat badan adalah dengan melakukan diet menurunkan berat badan. Usahakan untuk memperoleh berat badan yang ideal dengan cara sehat. Anda tak perlu melakukan diet yang ekstrem karena bukannya sehat malah dapat menyebabkan berbagai penyakit.

3. Kurangi asupan karbohidrat
Diabetes bukan saja merupakan penyakit akibat trelalu banyak minum minuman manis, akan tetapi kelebihan konsumsi karbohidrat juga bisa menyebabkan diabetes karena karbohidrat ini di dalam tubuh akan diubah menjadi gula. Jika kadar gula semakin tinggi dan insulin yang ada dalam tubuh sedikit maka gula darah tidak dapat diubah menjadi energi sehingga mengakibatkan munculnya penyakit diabetes.

4. Periksa secara berkala
Anda bisa memeriksakan kadar gula daah anda secara berkala tiap tahunnya. Jika kadar gula darah anda terus menunjukkan peningkatan meskipun masih dalam skala normal, itu berarti tubuh anda sudah mulai kesulitan dalam mengolah gula. Maka sebaiknya anda mulai berkonsultasi ke dokter.

Oke, kawan itulah penjelasan mengenai penyakit diabetes serta cara mencegah diabetes secara alami, semoga bisa memberikan wawasan yang bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Apabila anda ingin menambahkan hal-hal lainnya yang masih belum saya sebutkan di atas, silahkan menuliskannya di kotak komentar barangkali bisa berguna bagi yang lain.