Selasa, 25 September 2012

Penyebab jerawat

Jerawat adalah sebuah penyakit kulit yang umum dialami oleh para remaja, akan tetapi bukan berarti orang dewasa tidak bisa terkena jerawat, tetap saja ada orang dewasa yang bisa mengalami penyakit ini meski mungkin tak separah ketika masih remaja.

Penyebab jerawat selalu dikaitkan dengan kulit yang kotor dan kurang terawat. Padahal sebenarnya bukan karena hal itu saja, melainkan banyak faktor yang mempengaruhinya. Banyak orang-orang yang bertanya-tanya mengenai penyebab jerawat untuk meminimalisir timbulnya jerawat dan ketika mengetahui beberapa penyebab jerawat setidaknya anda dapat menghindarinya. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasan mengenai beberapa penyebab jerawat. Coba simak penjelasan berikut ini.

Penyebab jerawat

Penyebab jerawat

1. Produksi minyak berlebih
Penyebab jerawat yang pertama ini merupakan faktor dari dalam tubuh. Produksi minyak berlebih dapat menimbulkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Kumpulan minyak akan bertemu dengan bakteri pada sel-sel kulit mati yang akan menyebabkan munculnya jerawat.

2. Pamakaian kosmetik
Memakai kosmetik yang mengandung minyak berlebih atau memakai bedak yang menyatu (foundation) akan menjadi penyebab jerawat. Karena hal ini akan mengakibatkan penyumbatan pori-pori kulit seperti halnya penyebab jerawat yang pertama.

3. Penggunaan obat-obatan
Pemakaian obat-obatan kortikosteroid baik oral maupun topikal juga dapat menjadi penyebab jerawat. Pemakaian obat-obatan golongan ini secara terus menerus akan menyebabkan daya tahan tubuh semakin menurun sehingga aktivitas bakteri patogen akan semakin meningkat dan hal ini dapat berakibat pada munculnya jerawat.

4. Iritasi kulit
Munculnya jerawat disebabkan karena adanya bakteri. Dengan adanya iritasi akan menyebabkan bakteri semakin berkembang dan akibatnya akan memicu timbulnya jerawat. Penyebab jerawat karena faktor iritasi kulit umumnya diderita oleh anda yang memilki kulit terlalu sensitif.

5. Fakor genetik
Penyebab jerawat yang terakhir ini terjadi saat remaja beranjak ke dewasa. Hal ini umum terjadi karena saat menginjak dewasa produksi hormon dalam tubuh berlebih sehingga dapat memicu timbulnya jerawat dan kebanyakan orang terkena jerawat disebabkan karena faktor ini.

Itulah penjelasan mengenai beberapa penyebab jerawat. Semoga dapat membantu anda agar terhindar dari jerawat.