Senin, 17 September 2012

Manfaat Vitamin B Bagi Tubuh Manusia

Manfaat vitamin B bagi tubuh manusia – Vitamin B adalah salah satu dari beberapa jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh manusia. Vitamin ini larut dalam air dan tidak diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga kita perlu mendapatkannya dari asupan makanan yang mengandung kandungan zat ini. Salah satu sifat vitamin ini adalah tidak bisa disimpan dengan cara baik di dalam tubuh manusia sehingga diperlukan asupan secara regular agar tubuh kita tidak mengalami yang namanya kekurangan vitamin B.

Manfaat vitamin B yang beragam sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, dan tahukah anda bahwa vitamin ini terdiri dari beberapa jenis diantaranya vitamin B1, vitmin B2, viatmin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9 dan vitamin B12 yang masing-masingnya memiliki peran masing-masing di dalam tubuh kita.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa vitamin B ini mempu mengatasi kelelahan dan kegelisahan diamana kelelahan dan kegelisahan biasanya adalah gejala awal dari munculnya berbagai penyakit. Selain itu, asupan vitamin B yang cukup dalam tubuh akan mencegah kelambatan pertumbuhan, anemia, gangguan penglihatan, kerusakan syaraf dan gangguan pada jantung.

Manfaat yang lainnya yaitu bisa mengatasi rambut rontok, radang pada kulit, kuku kusam dan mudah patah. Hal ini pun dapat anda ketahui dengan produk perawatan rambut dan kulit yang tersedia di pasaran menambahkan vitamin B pada komposisinya. Selain itu vitamin B juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan rambut.

manfaat vitamin B kompleks
Ilustrasi vitamin B kompleks
Untuk memenuhi asupan vtamin B harian anda, maka anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B diantaranya roti, kacang-kacangan, daging, ikan, telur dan minum susu. Selain dari makanan anda juga bisa memnuhi kebutuhan vitamin B anda melalui suplemen.

Jika anda mengalami kekurangan vitamin B, maka itu akan bisa menyebabkan gangguan pencernaan, sering migrain, serta mengganggu kesehatan jantung.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa anda jadikan sebagai sumber vitamin B kompleks : Asparagus, Alpukat, Pisang, Kacang hitam, Dedak, Hati sapi, Kacang mete, Kaviar, Sereal, Ayam, Cabai, Produk susu, Telur, Daging domba, Jamur, Pepaya, Kentang, Ikan salmon, Sarden, Udang, Kedelai, Bayam, Stroberi, Tomat, Biji bunga matahari, Tempe, Seluruh biji-bijian, Ubi, Yogurt.

Itulah sekilas mengenai manfaat vitamin B kompleks dan juga sumber makanan di mana kita bisa mendapatkan asupan vitamin B harian.