Sabtu, 29 September 2012

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan kulit

Manfaat air putih amat banyak sekali meskipun kelihatannya sangat remeh akan tetapi sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh ataupun untuk tujuan kecantikan.

Tubuh manusia 70% nya terdiri dari cairan, maka itu kita harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar bisa menjaga fungsi organ-organ tubuh tetap optimal. Itu karena setiap harinya sebagian cairan tubuh kita akan hilang, baik itu melalui keringat, urine, pernapasan ataupun sekresi. Sehingga tubuh memerlukan cairan pengganti.

Meskipun begitu, kebutuhan cairan tiap-tiap orang bisa berbeda-beda, dan salah satu faktor penyebabnya adalah karena perbedaan iklim. Orang yang hidup di padang pasir akan membutuhkan lebih banyak cairan dibanding orang yang hidup di daerah dengan curah hujan tinggi.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda, tak selalu dengan meminum air putih / air mineral, karena bisa saja didapatkan melalui nasi, buah, sayur, serta makanan lain yang mengandung air di dalamnya.

Salah satu cara mudah mendeteksi apakah anda pada hari itu harus menambah cairan melalui minum air putih diantaranya adalah dengan mendeteksi warna urine. Warna urine yang kuning terang dan tidak terlalu bau berarti menunjukkan tubuh anda masih cukup cairan. Sedangkan jika urine anda terlihat pekat dan menimbulkan bau yang sangat berarti menunjukkan tubuh anda kekurangan cairan, maka cobalaah minum 2 sampai 3 gelas air putih saat itu.

Manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan :

manfaat minum air putih
1. Memperlancar sistem pencernaan
Jika kebutuhan cairan dalam tubuh anda terpenuhi, maka anda akan terhindar dari konstipasi karena cairan dalam proses pencernaan selain membantu penyerapan nutrisi.

2. Mencegah batu ginjal
Batu ginjal sebenarnya disebabkan karena garam dan garam itu menurut teori larut dalam air. Dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, maka batu ginjal akan larut dan ikut keluar dengan air seni.

3. Mencegah keriput dini
Salah satu faktor terjadinya keriput dini adalah karena kulit terlalu kering. Dengan minum air putih yang cukup, kelembaban kulit anda akan terjaga. Kelembaban tersebut dapat menjaga elastisitas kulit sehingga anda akan terhindar dari keriput dini.

4. Menetralisir racun dalam tubuh
Membuang sampah tubuh melalui keringat dan urine yang mana dapat mengurangi resiko batu ginjal dan UTI’s (urinary tract infections).

5. Obat sakit kepala alami
Air putih mampu membantu meringankan serta mencegah sakit kepala yang mana pada beberapa kasus disebabkan karena dehidrasi.

6. membantu mengontrol kalori
Alih-alih meminum minuman yang manis yang sudah jelas akan menambah jumlah kalori yang anda konsumsi, minum air putih yang bebas kalori akan mampu membantu anda mengontrol jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Terutama bagi anda yang memiliki berat badan berlebih, ini mungkin dapat sedikit menolong untuk mengurangi berat badan anda. Karena jika kalori yang anda konsumsi lebih besar daripada kalori yang dibakar maka berat badan anda akan naik, sedangkan apabila jumlah kalori yang masuk ke tubuh lebih rendah dari kalori yang dibakar maka berat badan anda pun dapat menurun.

7. Membantu memberikan energi ke otot
Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang memadai, mereka tidak bekerja dengan baik dan kinerja dapat terganggu.

Oke, itulah beberapa manfaat minum air putih yang ternyata memang bisa dikatakan air putih ini “ajaib” karena dengan wujudnya yang simpel dan kelihatannya remeh tapi menyimpan beberapa manfaat luar biasa apabila diminum oleh manusia.