Rabu, 19 September 2012

Cara Diet Alami Yang Sehat

Cara diet alami yang sehat adalah langkah yang bisa anda tempuh dalam rangka menurunkan berat badan anda secara sehat. Dengan cara ini maka anda akan bisa meminimalisir efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan.

Cara diet alami yang sehat mungkin akan memberikan hasil yang lebih lama akan tetapi jika anda mau telaten dan konsisten maka akan melihat hasilnya, dan tubuh anda pun terjaga kesehatannya.

Berikut adalah tips untuk diet alami yang sehat :

1. Kunyahlah makanan anda lebih lama
Mengunyah makanan dengan lebih lama sampai lebih lembut akan dapat meningkatkan nutrisi yang diserap tubuh dan menghindari terjadinya penimbunan. Berdasarkan saran para ahli gizi sebaiknya anda mengunyah makanan anda hingga 32 kunyahan.

2. Olahraga secara rutin
Dengan rutin berolahraga maka anda akan rutin membakar kalori dalam tubuh anda, dengan demikian maka anda akan lebih susah untuk gemuk dibanding jika anda bermalas-malasan setiap hari. Olahraga yang bisa anda pilih jika tujuannya untuk membakar kalori diantaranya bersepeda, lompat tali, menari, berenang, berlari, dll. Lakukan olahraga dalam batas wajar jangan terlalu bersemangat dan berlebihan karena malah bisa membahayakan kesehatan anda.

3. Hindari makan dan ngemil berlebihan terutama pada malam hari
Makan dan ngemil di malam hari jelas akan semakin menambah berat badan anda karena pada malam hari tubuh tidak melakukan aktivitas dan dalam tubuh tidak terjadi pembakaran kalori. Akibatnya kalori yang ada dalam tubuh anda akan tertimbun. Cara diet alami ini memang membutuhkan sedikit pengorbanan karena ngemil di malam hari memang menjadi hoby bagi sebagian besar orang Indonesia.

4. Kurangi porsi makan anda
Kurangilah porsi makanan anda agar jumlah kalori yang masuk ke tubuh tidak terlalu banyak dan melebihi kebutuhan kalori harian tubuh anda. Karena jika jumlah kalori yang masuk lebih besar dibanding jumlah kalori yang dibakar maka berat badan anda akan bisa bertambah. Sedangkan apabila jumlah kalori yang dibakar lebih besar dibanding kalori yang masuk maka berat badan anda akan bisa berkurang.

5. Konsumsi buah dan sayuran
Selain mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, buah dan sayur juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan anda dan untuk tujuan diet.

Itulah beberapa tips cara diet alami yang sehat yang muungkin anda bisa coba terapkan.