Minggu, 23 September 2012

Tips Merawat Baterai Laptop

Tips merawat baterai laptop agar awet perlu diperhatikan oleh semua pengguna notebook biar daya tahan baterai lebih awet sehingga hemat keuangan. Bayangkan jika anda harus sering berganti baterai gara-gara baterainya drop ataupun kerusakan lainnya.

Meskipun sudah hal yang lumrah bahwa cepat ataupun lambat suatu ketika baterai laptop akan mengalami kerusakan akan tetapi dengan perawatan dan pemakaian yang benar anda bisa memperpanjang umurnya.

Okelah anda bisa mencoba tips merawat baterai laptop agar awet berikut ini :

1. Jangan pernah membiarkan baterai anda sampai kosong
Sebaiknya anda segera mencharge ulang baterai apabila indikator baterai sudah menunjukkan mau habis, jangan pernah biarkan sampai baterainya habis sama sekali dan notebooknya mati. Karena terlalu sering mengosongkan baterai laptop bisa memperpendek umur baterai tersebut.

2. Hindarkan baterai dari suhu ekstrim dan istirahatkan baterai
Bagi anda yang suka mepergunakan notebook lebih dari 6 jam berturut-turut perharinya, maka sebaiknya anda melepas baterai biar tidak panas karena berkali-kali dicharge yang akibatnya bisa berpengaruh juga kepada kinerja notebook. Akan tetapi hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan kepada laptop anda apabila tegangan listrik di rumah anda tidak stabil atau jika tiba-tiba terjadi mati listrik. Solusi terbaik yah sebaiknya anda jangan terlalu sering memakai laptop anda dalam kurun waktu yang relatif lama.

Dan hal lainnya yang perlu anda perhatikan betul adalah jangan meletakkan laptop anda secara langsung di atas bantal ataupun kasur karena bisa menganggu aliran udara pada bagian bawah laptop. Akibatnya, laptop dan baterai akan lebih mudah panas. Pertimbangkan menggunakan coolpad pada bagian bawah laptop anda.

Tips Merawat Baterai Laptop
Gambar ilustrasi Laptop
3. Redupkan layar laptop
Ini sebenarnya bertujuan untuk menghemat daya baterai anda agar tidak cepat habis. Karena jika setingan layarnya terlampau terang maka akan membuat baterai cepat habis dan anda harus bolak-balik mengisi ulang baterai. Hal tersebut tentu akan berdampak terhadap kinerja baterai laptop anda.

4. Pakailah charger original
Dengan menggunakan baterai original maka sumber daya baterai akan lebih terjamin. Di dalam charger original dilengkapi dengan komponen-komponen yang berfungsi untuk pengaman voltase tinggi, penahan kuat arus, juga sebagai filtrasi sehingga nyaris tidak ada kebocoran arus AC. Tentunya anda tak rela baterai bahkan laptop anda mengalami kerusakan hanya karena membeli charger non original dengan selisih harga yang jauh jika dibandingkan dengan membeli laptop baru. Mendingan keluar uang lebih banyak sedikit demi membeli charger original.

5. Aturlah periode sleep laptop anda secara efisien
Ini perlu sekali untuk menonaktifkan layar dan hardisk laptop pada jangka tertentu laptop tidak dipergunakan. Pastikan anda memilih periode yang singkat untuk memaksimalkan masa pakai baterai anda.

Itulah beberapa tips merawat baterai laptop biar awet masa pakainya. Apabila diantara pembaca memiliki tipsnya lainnya berdasarkan pengalaman pribadi atau saran dari orang yang ahli silahkan meninggalkan komentarnya biar bermanfaat bagi pembaca yang lainnya.