Minggu, 30 September 2012

Manfaat teh hijau bagi tubuh

Manfaat teh hijau bagi tubuh tak dapat dipandang sebelah mata, karena teh hijau ini termasuk salah satu tumbuhan yang mengandung antioksidan dalam kadar yang tinggi.

Kita mengenal ada beberapa jenis teh diantaranya teh hitam, teh putih, teh hijau dan teh oolong yang semuanya juga baik untuk dikonsumsi. Namun, pada artikel kali ini kita hanya khusus membahas mengenai teh hjau (Green Tea).

Tahukah anda bahwa teh hijau ini sebenarnya adalah teh yang dalam pengolahannya tidak melalui proses fermentasi dan oksidasi sehingga bisa dibilang masih alami dan masih mengandung semua komposisi aktif yang terdapat dalam daun teh.

Beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh :

manfaat teh hijau
manfaat teh hijau
1. Mencegah kegemukan
Sekarang ini banyak program diet yang menyerankan pesertanya untuk meminum teh hijau. Itu karena dipercaya bahwa mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan berat badan. Tingginya kandungan antioksidan dan katekin polifenol dalam teh hijau dipercayai mampu membantu membakar kalori dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh hingga 4%. Tak hanya itu saja karena juga mampu menurunkan penyerapan lemak dari usus ke dalam darah segera setelah anda makan.

2. Mengurangi resiko menderita kanker
Tingginya kandungan antiksidan dalam teh hijau mampu menangkal radikal bebas yang mana adalah salah satu faktor timbulnya kanker. Anda dapat memperoleh manfaatnya dengan rutin meminum secangkir teh hijau setiap hari.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat lainnya yaitu mampu meningkatkan kekebalan tubuh, hal tersebut dikarenakan adanya senyawa kafein yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kontraksi otot sehingga kekuatan otot menjadi meningkat.

4. Mengatur kolesterol tubuh
Tubuh anda memang membutuhkan kolesterol, namun tentu saja harus dalam jumlah yang normal karena kalau terlalu tinggi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh kita maka akan bisa menimbulkan penyakit. Kandungan pektin dalam teh hijau mampu mengikat kolesterol dan lemak sebelum tubuh mulai menyerap mereka.

5. Mencegah penyakit Alzheimer

6. Cukup efektif buat menurunkan tekanan darah tinggi

7. Membantu menyehatkan sistem pencernaan

8. Mencegah arthritis dan multiple sclerosis

9. Mencegah kelelahan serta membantu meningkatkan fungsi otak

10. Membantu mengurangi tulang keropos melalui aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi

11. Menurunkan resiko menderita penyakit jantung dan stroke

Hal ini adalah berdasarkan pada sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Harvard menunjukkan bahwa mengonsumsi secangkir teh hijau setiap hari dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung stroke hingga 44%.

Meskipun banyak sekali manfaat teh hijau untuk kesehatan yang diketahui, akan tetapi bukan berarti teh jenis lain seperti teh hitam tidak memiliki manfaat loh, mereka tetap memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh.