Senin, 24 September 2012

Pengertian Online Apa Itu

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah online karena hampir setiap hari mungkin anda pernah menjumpainya. Bahkan sekarang ini hampir semua orang bisa terkoneksi satu sama lain melalui online.

Lalu apakah anda sudah paham apa yang dimaksud dengan online itu sendiri? Pada dasarnya istilah online atau dalam bahasa indonesianya dikenal sebagai daring (dalam jaringan) secara umum menunjukkan keadaan konektivitas. Sedangkan lawan katanya adalah offline atau dalam bahasa indonesia disebut luring (luar jaringan).

Dewasa ini internet sudah sangat familiar di masyarakat, tak hanya bisa diakses dengan mudah melalui komputer akan tetapi juga via smartphone dan tablet. Sehingga banyak pula orang yang memanfaatkan internet untuk berbisnis dan apa yang mereka kerjakan itu dinamakan bisnis online. Ada pula yang membuka toko di internet, maka dinamakan toko online.

Pengertian online memang tidak sebatas terhubung dengan internet saja, tetapi online merupakan terhubung, terkoneksi, aktif dan siap untuk operasi sehingga dapat menjalin komunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer. Online juga dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan dimana sebuah komputer atau device terhubung dengan device lain dan biasanya melalui perangkat modem.

pengertian online

Atau jika secara lebih luas lagi dapat pula online diartikan sebagai suatu keadaan yang sedang menggunakan jaringan, terhubung dalam jaringan, satu perangkat dengan perangkat lainnya yang terhubung sehingga bisa saling berkomunikasi.

Saya yakin anda pasti pernah membuka situs seperti Facebook, nah itu bisa juga disebut situs pertemanan online. Meskipun ketika online, orang-orang akan berhubungan dengan yang dinamakan dunia maya karena terletak di atas layar, akan tetapi banyak sekali hal yang bahkan tak bisa dilakukan di dunia nyata tapi mungkin di dunia online. Seperti misalnya, ada beberapa orang yang berhasil menjadi milyader berkat berbisnis di dunia maya. Ada pula seorang amatir yang kemudian menjadi artis terkenal gara-gara mengupload video ke youtube. Apakah anda mungkin berikutnya yang berhasil memanfaatkan dunia maya untuk mengejar kesuksesan? hehe

Nah, itulah pengertian online yang tentu saja akan mudah anda pahami karena memang mungkin anda sudah setiap hari online untuk membuka Facebook, twitter, dll.