Senin, 24 September 2012

Pengertian Investasi

Pengertian investasi – Bagi para pebisnis, mereka menjalankan usahanya demi memperoleh keuntungan atau nilai tambah di kemudian hari dan untuk investasi adalah suatu langkah yang bisa ditempuh untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian dari investasi.

Membahas mengenai investasi, kita akan menemukan banyak pendapat bermunculan. Apa yang saya temukan dalam laman Wikipedia Indonesia, disebutkan bahwa investasi adalah suatu istilah dengan beberapa oengertian yang berhubungan dengan keuangan dan bidang ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk modal dengan harapan akan mendapatkan keuntungan di kemudian hari.

Atau secara sederhana, pengertian investasi adalah menempatkan atau menyimpan harta pada sesuatu dengan harapan mendapatkan keuntungan finansial. Oleh karena itulah, seringkali orang menyebut investasi sebagai penanaman modal.

Apabila dilihat dari teori ekonomi, maka pengertian investasi adalah pembelian (berarti termasuk produksi) dari modal barang-barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang. Sebagai ilustrasi, membangun gedung pabrik itu dapat dikatakan sebagai bentuk investasi. Bahkan memberikan pelatihan dan skill tambahan kepada karyawan itu juga seabgai bentuk investasi dari perusahaan.

pengertian investasi

Beberapa pengertian investasi menurut para ahli :

Yaitu kegiatan yang dilangsungkan dengan memanfaatkan kas pada masa sekarang ini, dengan tujuan untuk menghasilkan barang di masa yang akan dating (james C han Horn, 1981).

Yaitu aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber yang dipakai untuk mengadakan modal barang pada saat sekarang ini. Barang modal tersebut akan menghasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang (Fitz Gerald, 1978).

Bentuk investasi :

1. Investasi tanah
Seseorang membeli tanah dengan harapan bahwa semakin lama jumlah populasi penduduk akan terus meningkat sehingga permintaan tanah menjadi tinggi. Karena permintaan terus meningkat sedangkan penawarannya cenderung tetap karena tanah tidak bisa dikembagbiakkan maka secara otomatis harga tanah akan terus melambung tinggi dari waktu ke waktu.

2. Investasi pendidikan
Dengan semakin bertambahnya ilmu dan juga skill maka diharapkan ke depannya akan lebih mudah dalam mencari kerja ataupun penghasilan tambahan. Jadi, ini juga merupakan bentuk investasi.

3. Investasi saham
diharapkan perusahaan mendapatkan keuntungan dari hasil kerja atau penelitian.

4. Investasi mata uang asing
Para investor berharap akan mendapatkan keuntungan dari menguatnya nilai tukar mata uang tertentu terhadap mata uang lainnya. Trading forex termasuk juga sebagai bentuk investasi.

Meskipun tujuan orang melakukan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan akan tetapi juga terdapat resiko di dalamnya. Yaitu jika investasi tersebut gagal maka bukannya keuntungan yang didapat tapi kerugian. Dan bahkan juga bisa membuat bangkrut. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kegagalan investasi antara lain bencana alam, salah strategi, dll. Jadi, sebelum berinvestasi kita harus mempertimbangkan banyak hal tidak bisa asal investasi.

Okelah, demikian pengertian investasi yang dapat saya bahas pada artikel kali ini semoga bermanfaat.