Kamis, 27 September 2012

Ciri Penyakit HIV

Mengetahui ciri ciri penyakit HIV AIDS mungkin perlu untuk menambah wawasan anda di bidang kesehatan yang suatu saat mungkin bisa berguna ataupun sebagai bahan pelajaran bagi diri sendiri agar bertindak hati-hati agar jangan sampai terjangkit penyakit ini. Mengatahui ciri serta penyebab penyakit ini akan membuat anda menjauhi untuk melakukan apa saja yang menjadi penyebab munculnya penyakit ini. Meskipun itu bukan berarti anda harus menjauhi penyandang HIV /AIDS karena penularan penyakit ini tidak segampang penularan pada penyakit seperti flu.

Okelah, pada artikel kali ini saya to the point saja karena saya yakin anda semua pasti sudah paham apa itu penyakit HIV/AIDS.

Berikut ini adalah beberapa ciri penyakit HIV / AIDS :
ciri penyakit hiv
1. Sering demam
Anda akan mengalami demam ringan sampai 102 derajat F yang biasanya juga disertai dengan kelelahan, pembengkakan kelenjar getah bening, serta sakit tenggorokan.

2. Kelelahan
Apabila suatu saat anda merasa tidak melakukan pekerjaan yang berat akan tetapi merasa lelah, maka bisa jadi itu adalah salah satu gejala HIV, anda harus waspada.

3. Nyeri otot dan sendi
Terkadang gejala penyakit HIV /AIDS ini dikira penyakit flu atau hepatitis karena gejalanya yang mirip, yaitu muncul rasa nyeri pada persendian, otot, serta kelenjar getah bening membengkak.

4. Sakit kepala dan sakit tenggorokan
Bisa saja merupakan salah satu gejala HIV / AIDS apabila suatu ketika anda mengalami sakit kepala berbarengan dengan sakit tenggorokan dan terjadi dengan frekuensi yang cukup sering.

5. Ruam pada kulit
Gejala yang satu ini sering muncul pada tahap awal seseorang terinfeksi virus HIV akan tetapi bisa juga muncul belakangan pada beberapa kasus. Kulit akan memerah dan disertai dengan bisul serta gatal pada beberapa bagian tubuh.

6. Mual, muntah dan diare
Pengidap penyakit ini biasanya akan emngalami diare terus-menerus disertai dengan mual dan muntah.

7. Berat badan menurun
Jika anda merasa sudah banyak makan dan pola makannya tetap tidak berubah seperti biasanya akan tetapi mengalami penurunan berat badan secara drastis maka perlu waspada karena itu tandanya sistem kekebalan tubuh anda bisa jadi terserang oleh HIV.

8. Batuk kering
Apabila anda atau teman anda menderita batuk kering selama satu tahun atau lebih dan makin parah akan tetapi tidak bisa sembuh dengan obat batuk, maka anda perlu waspada karena bisa jadi itu pertanda terserang virus HIV.

9. Penumonia

10. Berkeringat dingin di malam hari
Udara tidak berasa panas, anda juga tidak sedang berolahraga, akan tetapi muncul keringat berlebihan di malam hari, maka anda sudah harus waspada.

11. Perubahan pada warna kuku
Pada kuku penderita biasanya akan mengalami perubahan warna hitam atau coklat serta mengalami penebalan dan melengkung. Yang biasanya ini adalah disebabkan oleh jamur, jika sudah terserang HIV maka tubuh anda akan lebih rentan terhadap serangan jamur dan bakteri

12. Infeksi pada mulut
Gejala lainnya adalah mulut akan lebih mudah terkena infeksi jamur misalnya sariawan dan infeksi pada gusi yang membuat si penderita lebih susah menelan makanan.

13. Susah konsentrasi
Meskipun biasanya munculnya belakangan, namun patut juga diperhatikan. Selain susah untuk berkonsentrasi, penderita juga biasanya akan mudah tersinggung dan marah, susah untuk berkoordinasi serta biasanya mengalami kesulitan untuk melakukan aktifitas yang berhubungan dengan saraf motorik misalnya saja menulis.

14. Herpes di bagian mulut
Ini adalah gejala pada fase kedua, yaitu munculnya herpes di bagian mulut dan organ 9en!tal.

15. Kesemutan
Gejala lainnya adalah kesemutan dan mati rasa pada tangan ataupun kaki, penyebab kesemutan ini adalah karena saraf sudah benar-benar rusak.

16. Siklus menstruas! Tidak teratur
Hal ini terjadi pada kaum perempuan penderita HIV / AIDS, siklus ha!d Biasanya akan menjadi tidak teratur.

Itulah beberapa gejala penyakit HIV atau ciri penyakit HIV / AIDS yang perlu anda ketahui, meskipun jika suatu saat anda mendapati teman anda mengalami beberapa gejala tersebut belum tentu dia menderita HIV / AIDS karena diperlukan tes HIV untuk memastikan apakah seseorang terkena HIV atau tidak. Meskipun jika akhirnya hasil tes menunjukkan positif, bukan berarti anda harus menjauhinya karena dia membutuhkan dukungan untuk bertahan.

Dan, lagipula penularan HIV tidak semudah penyakit flu ataupun penyakit menular lainnya. HIV / AIDS tidak akan menular melalui air mata, keringat, air ludah, air seni. HIV juga tidak akan menular apabila anda ngobrol, bersentuhan kulit, dan bergaul dengan penderita. Tapi bisa menular melalui penggunaan jarum suntik bergantian ataupun melalui kontak darah penderita dengan kulit anda yang terluka, ataupun melalui transfusi darah yang diterima dari penderita HIV / AIDS.