Jumat, 23 Januari 2015

Macam-macam obat alami tradisional buat penyakit kulit panu

Macam-macam obat alami tradisional buat penyakit kulit panu cukup banyak yang bisa kita pilih. Berikut ini saya akan membahasnya satu persatu. Pilihlah yang paling sesuai atau bahannya tersedia di dekat anda.

Memiliki penyakit kulit seperti panu memang bukanlah hal yang dapat mengancam kesehatan secara serius. Namun, tetap saja akan menimbulkan rasa gak enak dan mengurangi percaya diri.

Anda mungin bisa dengan mudah menemukan berbagai macam obat panu di Apotek terdekat. Namun apa salahnya mencoba bahan alami yang ada dapat ditemukan dengan mudah di sekitar anda.

Berikut adalah beberapa contoh bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan panu secara alami :

1. Cara menghilangkan panu dengan bawang putih
Bawang putih merupakan bumbu dapur yang dapat anda temukan dengan mudah. Dan ini bisa anda manfaatkan untuk mengobati panu. Coba saja iris bawang putih menjadi 2 bagian dan oleskan bagian dalamnya secara lembut ke bagian kulit anda yang terkena panu. jangan dioleskan dengan kasar karena ditakutkan malah menimbulkan iritasi nantinya.

menghilangkan panu dengan bawang putih

2. Cara menghilangkan panu dengan lidah buaya
Bahan lain yang bisa anda coba adalah lidah buaya. Caranya juga simple, cukup gosokkan bagian lendir lidah buaya ke kulit yang terkena panu.

3. Cara menghilangkan panu dengan buah belimbing
Belimbing kaya akan vitamin C. Dan katanya ini bisa dimanfaatkan untuk mengusir bakteri penyebab panu. caranya mudah, tumbuklah belimbing dan campur dengan kapur sirih secukupnya. Dan oleskan ke area kulit yang terkena panu. Lakukan 2-3 kali sehari sampai sembuh.

4. Cara menghilangkan panu dengan lengkuas
caranya mudah, carilah lengkuas yang mengandung banyak air jangan yang kering. Lalu diparut atau dipatahkan. Oleskan deh ke bagian kulit yang ada panunya.

5. Cara menghilangkan panu dengan belerang
Kandungan mineral dalam belerang akan mampu mengusir kuman-kuman penyebab panu di tubuh anda. cara pemakaian bahan ini untuk membasmi panu cukup mudah. Yaitu ambil belerang secukupnya, dan tumbuk hingga halus. Campurkan dengan minyak kelapa dan air perasan jeruk nipis. Balurkan ramuan tersebut pada kulit anda yang ada panunya. lakukan rutin 2-3 kali sehari.

Jika anda kesulitan untuk mendapatkan bahan alami di atas maka bisa juga menggunakan bahan berikut yang biasanya bisa dibeli di apotek.

6. Cara menghilangkan panu dengan cuka apel
Campurkan 1 sendok makan sari cuka apel dengan secangkir teh. Oleskan air campuran tersebut ke kulit yang panuan. Lakukan secara rutin ya.

7. Cara menghilangkan panu dengan Tea Tree Oil
Bahan yang ini terbilang cukup efektif untuk menyembuhkan berbagai infeksi kulit. Anda bisa mendapatkannya di apotek terdekat. Akan tetapi perlu dicatat bahwa bahan ini cukup kasar pada kulit. Jika kulit anda termasuk sensitif maka harus menambahkan air sebelum mengoleskannya ke bagian kulit yang terkena panu. Lakukan pengolesan setiap hari selama 2 minggu.

Meskipun di atas sudah disebutkan banyak bahan yang bisa anda pilih salah satu untuk menghilangkan panu yang menyerang kulit anda. Namun yang lebih penting untuk diperhatikan adalah bagaimana cara mencegah penyakit panu untuk datang.

Beberapa tips untuk mencegah penyakit panu datang ke kulit anda adalah harus bisa menjaga kebersihan badan dan pakaian. Serta handuk dan sprei tempat tidur anda. Kebiasaan mandi minimal 2 kali sehari cukup bagus untuk diterapkan biar kulit anda senantiasa lebih bersih dari kuman. Dan jangan menggunakan pakaian kotor yang sudah berhari-hari dipakai. Jika perlu setiap habis mandi pakailah pakaian dalam yang bersih habis dicuci. Selesai mandi handuk yang telah anda pakai jangan lupa dijemur biar kering. Karena kalau basah nanti bisa ditumbuhi jamur dan bakteri yang bisa menular ke kulit anda.