Kamis, 01 Januari 2015

Inilah Buaya Terbesar di dunia Yang Berhasil Ditangkap Keadaan Hidup Saat ini

Anda mungkin pernah bertanya-tanya tentang berapa sih ukuran buaya yang terbesar di bumi? Dan apabila belum menemukan jawabnya, simaklah artikel yang disadur dari situs berita unik berikut ini :

Untuk buaya terbesar yang pernah hidup di bumi, dipercaya itu adalah Sarcosuchus Imperator yang hidup sekitar 110 juta tahun yang lalu. Ukurannya sih terbilang amat besar yaitu 11,2 hingga 12,2 meter dengan beratnya mencapai 8 ton. Itulah reptil menyerupai buaya yang dipercaya terbesar yang pernah hidup di bumi.

Nah, jika berbicara mengenai buaya terbesar di dunia yang masih hidup untuk saat ini, maka kalau didasarkan dari data Guinness World Records adalah seekor buaya bernama Cassius yang sekarang hidup di Marineland Melanesia, sebuah taman penangkaran di Green Island, Queensland, Australia. Cassius meraih gelar sebagai buaya terbesar di dunia yang hidup dalam penangkaran. Panjangnya mencapai 5,48 meter dengan beratnya yang hampir 1 ton.


Cassius yang merupakan buaya air asin berusia lebih dari 100 tahun ini berhasil ditemukan ditemukan di Green Island atau 27 km lepas pantai Cairns.

Itu jika didasarkan dari rekor dunia Guinness World Records untuk buaya terbesar di dunia yang berada di penangkaran.

Padahal sebenarnya, di masa sekarang ini mungkin saja masih ada buaya liar yang memiliki ukuran lebih besar dari cassius. Salah satu contohnya adalah buaya yang berhasil ditangkap di Filipina bernama Lolong.

Lolong memiliki panjang 6,17 meter dan beratnya sekitar 1 ton. Sempat merebut gelar buaya terbesar di dunia yang ada di penangkaran. Akan tetapi kemudian menghembuskan nafas terakhirnya pada 10 februari 2013 lalu. Dan gelarpun kembali ke genggaman cassius. Sayang sekali padahal usia lolong baru menginjak sekitar 50 tahun. Bisa saja ia bertumbuh lebih panjang lagi jika bertahan sampai usia 100 tahun.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa ternyata, di alam liar kemungkinan masih ada loh buaya yang berukuran lebih besar dibanding Lolong. Karena menurut suatu penelitian, buaya besar dengan ukuran 6 meter cukuplah lumrah di sejumlah kawasan asia dan Australia. Guinness Book of World Record mencatat, buaya terbesar berasal dari kawasan timur India dengan panjang 7 meter.

Wah menakutkan ya kalau sampai bertemu langsung dengan buaya berukuran 7 meter. Jadi, harap hati-hati saja ya kawan kalau anda sedang berada di sungai atau rawa-rawa yang tenang, karena katanya sungai dan rawa yang tenang disukai oleh buaya. Jangan sampai kita menjadi santapan buaya kelaparan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar