Senin, 23 Juli 2012

Cara Membuat Blog di Blogger Blogspot

Cara membuat blog di Blogger sebenarnya amat mudah karena anda hanya membutuhkan sebuah alamat email Gmail, maka berikutnya anda bisa membuat banyak blog tanpa harus membayar.

Platform Blogspot ini memang banyak disukai oleh para blogger karena selain tidak dipungut biaya juga bisa membikin banyak blog di sana. Berapapun jumlh pengunjung yang mengunjungi blog anda tidak akan menjadi masalah. Anda tak perlu membayar biaya-biaya tambahan.

Baiklah, bagi anda yang saat ini sedang semangat bikin blog akan tetapi tidak mau mengeluarkan uang bisa menggunakan layanan yang ditawarkan oleh Blogger.com. Akan tetapi blog yang anda miliki nantinya hanya akan berupa subdomain. Misalnya saja http://updatekerendotkom.blogspot.com.

Kalau anda mau tetap ngeblog dengan platform Blogspot tapi inginnya TLD (top level domain) seperti halnya updatekeren.com maka anda harus membeli nama domain sendiri. Bisa beli di Google Mitra ataupun dari tempat lain.

Langkah-langkah untuk cara membuat blog di blogger adalah sebagai berikut :

1. Apabila anda belum mempunyai email di gmail maka buatlah email melalui Gmail terlebih dahulu. Namun, apabila sudah punya langsung saja masuk ke alamat Blogger.com dan ikuti langkah 4.

Silahkan anda mendaftar sebuah akun email baru di gmail dengan cara mengunjungi alamat blogger.com lalu tekan tombol "create an account", silahkan lihat gambar berikut pada bagian yang diberi lingkaran,

cara mendaftar blog di Blogger

2. Anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar di bawah. Isilah data-data seperti yang diminta

Isilah mulai nama, email, password dll. Untuk yang bagian your current email address silahkan dikosongi saja tidak apa-apa. Setelah data-data yang diminta terisi semua jangan lupa untuk mencentang bagian "i agree to the Google Terms of Services and Privacy Policy" dan mengisi kode captcha lalu tekan tombol next step.

cara membuat blog platform Blogspot

3. Pada langkah selanjutnya terkadang anda akan diminta untuk memverifikasi akun email lewat kode yang dikirimkan ke nomor handphone. Anda bisa memilih text message apabila ingin menerima kode verifikasi dalam bentuk sms atau memilih voice call apabila ingin menerima kode verifikasi lewat panggilan suara (telpon). Langkah selanjutnya tekan pada tombol "continoue". Namun, apabila anda tak diminta untuk memverifikasi maka langkah ini bisa dilewati.

verifikasi akun Google
 Masukkan 6 digit kode verifikasi yang terkirim di handphone anda kemudian tekan "continoue"
verifikasi akun Google

  4. Selanjutnya akan mucul tampilan seperti ini, tekan tombol biru yang saya kasih lingkaran

cara membuat blog di Blogger
5. Selanjutnya anda bisa memilih nama profil anda apakah menggunakan akun Google+ ataukah akun Blogger terbatas, pada contoh kali ini saya memilih akun Blogger terbatas


6. Buatlah nama profil misalnya saja dalam contoh saya membuat nama updatekeren. Selanjutnya tekan tombol "lanjutkan ke blogger"

membuat profil blog

7. Berhasil deh, sekarang anda sudah memiliki akun Blogger.com dan siap untuk ngeblog, akan tetapi sebelumnya anda harus membuat blog baru terlebih dahulu.

blog baru

caranya, tekan tombol "buat blog"


Lalu isilah judul dan alamat blog dan pilihlah template yang sesuai dan menarik bagi anda. Selanjutnya klik tombol "buat blog" warna orange.

cara mendaftar blog baru

Dan blog baru anda telah jadi, untuk membuat blog baru lagi bisa anda ulangi seperti langkah di atas pada langkah 7

cara membuat blog baru

Lalu bagaimana cara mengisi artikel ke dalam blog? Ikuti langkah berikut :

1.
menulis artikel di blogspot

2.
menulis artikel di blog

3. Apabila ingin menerbitkan artikel maka tekan tombol "publikasikan", kalau ingin menyimpan artikel tanpa menerbitkannya tekan tombol "simpan" sedangkan kalau ingin melihat preview artikel apakah tampilannya sudah bagus sebelum diterbitkan maka tekan tombol pratinjau.

4. Inilah contoh tampilan artikel yang telah berhasil diterbitkan

menerbitkan artikel di blog

Sebenarnya cara membuat blog di blogger blogspot.com memang sangat mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas saya yakin bila ingin membuat blog baru sudah bisa melakukannya sendiri tanpa mengikuti sebuah tutorial lagi.

*Google and the Google logo are registered trademarks of Google Inc., used with permission.