Minggu, 28 April 2013

Tips Menghemat Baterai Handphone Untuk Android Biar Gak Boros

Tips menghemat baterai Android sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah yaitu dengan menginstal aplikasi penghemat baterai yang tersedia di Google Play dari bermacam vendor. Memang ponsel yang menggunakan sistem operasi Android ini biasanya cenderung lebih boros dalam hal pemakaian daya baterai. Namun, kelemahan itu tak mampu menutup semua kelebihan yang dimiliki ponsel Android, maka dari itu smartphone yang menggunakan OS ini merajai di pasaran.

Selain menginstal aplikasi penghemat baterai anda pun bisa mencoba memperhatikan tips-tips berikut ini agar masa hidup popnsel anda bisa lebih lama sehingga tidak sering-sering menchargernya. Yah, meskipun anda bisa juga mensiasatinya dengan membeli power bank, sehingga tidak perlu takut kehabisan baterai di tengah perjalanan.

Tips menghemat baterai Android

Catatan : Dalam membuat tutorial ini admin menggunakan smartphone dengan Android ice cream sandwich. Jadi, mungkin terdapat sedikit perbedaan settingan apabila versi Android anda berbeda. Tinggal disesuaikan saja :D

tips menghemat baterai Android
Ilustrasi Smartphone Android
1. Biasakan mengisi baterai anda sebelum anda membawa smartphone untuk bepergian ke luar rumah.

2. Matikan GPS jika tidak sedang diperlukan, caranya adalah sebagai berikut :
Pada menu Settings » Personal » Location services » GPS satellites, hilangkan tanda cawang pada bagian GPS satellits.

3. Matikan wifi jika tidak sedang tidak diperlukan, caranya :
Pada menu Settings » Wireless&networks » wifi. Pastikan wifi dalam keadaan off.
Di Google play juga tersedia beberapa aplikasi yang bisa mematikan wifi secara otomatis jika tidak dipergunakan selama beberapa waktu.

4. Matikan bluetooth jika sedang tidak diperlukan, caranya :
Pada menu Settings » Wireless&networks » bluetooth. Pastikan bluetooth dalam keadaan off.

5. Cek penggunaan baterai dan lakukan penyesuaian
Pemakan daya baterai terbesar pada smartphone Android adalah pada bagian layar, ini karena biasanya layarnya cukup lebar dan tombol sentuh. Maka anda bisa meminimalkan penggunaan daya baterai pada bagian layar dengan melakukan settingan sebagai berikut :

# mengurangi kecerahan layar seminimal mungkin (Settings » Display » Brightness)
# jangan menggunakan wallpaper yang bergerak (animasi bergerak), karena ini memakan daya baterai lebih banyak dibanding wallpaper yang tidak bergerak
# atur "screen timeout" sesuai dengan kebiasaan anda (Settings » Display » Sleep), karena dengan demikian dalam waktu beberapa lama setelah tidak digunakan layar smartphone anda akan mati dengan sendirinya sehingga lebih hemat penggunaan baterai. Dalam mengaturnya usahakan jangan terlalu singkat atau terlalu lama, tapi sesuaikan dengan kebiasaan anda memakai handphone.

6. Hapuslah atau uninstall aplikasi atau game yang dirasa kurang penting karena itu hanya akan makin menambah beban baterai Android anda

7. Matikan koneksi internet saat sedang tidak dipergunakan
Apabila anda menggunakan koneksi internet dengan jaringan CDMA atau 3G melalui operator selular anda, maka anda bisa mematikan koneksi tersebut apabila tidak sedang dipergunakan untuk berselancar di dunia maya, caranya Settings » Wireless&networks » Data usage

8. Jangan menggunakan mode getar untuk nada dering panggilan maupun sms karena itu bukannya menghemat pemakaian baterai, akan tetapi malah menguras daya baterai anda. Alih-alih menggunakan mode getar mendingan anda menggunakan notifikasi suara saja.

9. Matikan koneksi sinkronisasi, caranya :
Settings » Personal » Accounts&sync, pastikan dalam kondisi off.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk tips menghemat baterai Android anda. Semoga info ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.