Selasa, 09 April 2013

Manfaat Jahe Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat jahe untuk menghangatkan tubuh di saat udara dingin selama ini sudah dikenal masyarakat luas. Namun, manfaat sebenarnya dari jahe tak sekedar itu, masih banyak beberapa manfaat lainnya yang bisa anda peroleh. Tak hanya jahe alami akan tetapi saat ini banyak pula dijumpai jahe dalam bentuk serbuk.

Seperti yang anda ketahui, pada dasarnya manfaat jahe pun dapat anda peroleh tanpa mengolah bahan ini menjadi produk jadi yang harus melalui berbagai proses yang tentunya tidak singkat. Dari bahan mentahnyapun, dapat anda ambil manfaatnya terutama untuk pengobatan luar.

Nah, kira-kira apa saja manfaat jahe yang dapat langsung anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari/ simak uraian berikut ini.

Manfaat jahe

manfaat jahe
1. Membantu meredakan gatal
Anda bisa memanfaatkan jahe untuk meredakan gatal pada kulit. caranya terbilang mudah yaitu anda cukup mengoleskan jahe yang sudah anda kupas kulitnya pada bagian kulit yang gatal. Setelah mengoleskan jahe pada tangan maka dalam beberapa saat kulit anda akan terasa agak panas karena  jahe mulai memberikan efek.

2. Menghangatkan tubuh
 Selain itu, manfaat lain dari jahe adalah bisa menghangatkan tubuh anda. Saat ini bnayak sekali kita jumpai produk-produk untuk mengobati masuk angin yang berbahan dasar jahe. Ketika anda berada di daerah pegunungan baik itu untuk rekreasi atau anda memang tinggal di sana buat sementara waktu, maka mengonsumsi jahe akan membantu menghangatkan tubuh anda disamping memakai mantel yang tebal. Anda bisa mengolahnya sebagai minuman, cukup tumbuk jahe secukupnya dan diseduh dengan air panas.

3. Membantu meredakan gejala flu
Ternyata anda bisa mengurangi gejala flu anda dengan bahan alami secara mudah loh. Caranya cukup gosokkan jahe pada bagian leher anda. Itu akan bisa melegakan tenggorokan. Dan manfaat jahe untuk meredakan gejala flu ini akan lebih efektif jika langsung mengonsumsinya dalam bentuk minuman.

4. Jahe diyakini memiliki kualitas anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit

5. jahe dipercaya mampu meningkatkan produksi air liur dan cairan pencernaan yang lainnya serta mengurangi gangguan pencernaan dan masalah terkait misalnya perut kembung.

6. Jahe segar digunakan untuk asma, batuk, kolik, jantung berdebar-debar, bengkak, dispepsia, kehilangan kemauan makan dan rematik, sedangkan jahe kering digunakan untuk "memperkuat" perut, menghambat muntah dan  mengobati diare.

Sebenarnya manfaat tanaman jahe masih lebih bnayak lagi dari yang sebutkan di atas, membuktikan bahwa bumi yang kita tinggali ini dikaruniai kekayaan alam yang luar biasa, maka rugi jika tak dimanfaatkan sebaik mungkkin. Tanaman jahe ini bisa loh dibudidayakan di pekarangan kita sebagai apotik hidup.