Senin, 08 April 2013

Cara Mengobati Perut Kembung

Cara mengobati perut kembung sebenarnya bisa anda lakukan dengan cara memperbaiki pola makan. Hal tersebut karena makanan mempunyai efek yang besar pada kesehatan lambung. Bisa jadi penyebab perut anda kembung adalah karena kebiasaaan makan yang sembarangan, dan akibat yang bakal terjadi adalah anda akan lebih sering bersendawa, mules dan juga sering buang angin.

Penyebab perut kembung lainnya ada banyak diantaranya adalah diet, sindrom iritasi usus, intoleransi laktosa, refluks, dan sembelit.

Adakalanya jika anda mengalami perut kembung, anda akan merasa mual sehingga pengen muntah. Dan perlu anda ketahui bahwa perut kembung bisa memicu kenaikan asam lambung sehingga akibatnya bisa menjadi sakit maag.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati perut kembung, berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Hindari dulu soda dan jus kemasan
Asalkan tidak diminum berlebihan oleh orang-orang normal, minuman berkarbonasi tidak akan menimbulkan masalah bagi lambung. Akan tetapi adanya pemanis buatan dalam minuman tersebut bisa menyebabkan perut kembung. Itu karena pemanis buatan tidak dapat dicerna secara sempurna di dalam tubuh. Pemanis tersebut akan dicerna oleh bakteri dalam usu besar dan proses fermentasi yang terjadi akan menyebabkan banyaknya gas yang timbul dan mengakibatkan kembung.

2. Makan dengan gigitan kecil
Para pakar kesehatan telah menyarankan bahwa ketika anda makan, sebaiknya dikunyah hingga 32 kali. Hal ini dilakukan untuk menghindari masuknya udara ke saluran pencernaan anda. Oleh karena itu, mengunyah makanan dengan perlahan hingga lembut merupakan salah satu cara mengobati perut kembung.

3. Berhentilah dulu dari merokok
Di dalam rokok terkandung nikotin yang ternyat bisa menyebabkan terjadinya penumpukan gas di dalam perut yang pada akhirnya akan menyebabkan perut kembung.

4. Minum air putih
Air putih mampu mengurangi kadar gas di dalam perut anda dan juga bisa mengurangi jumlah asam lambung. Minumlah beberapa gelas airputih untuk menjaga keseimbangan natrium di dalam tubuh anda.

5. Kurangi asupan garam

6. Hindari minuman manis beralkohol sebanyak yang anda sanggup

7. Konsumsi susu sapi dalam batas wajar
Meskipun susu sapi atau hewan lainnya baik untuk kesehatan akan tetapi anda harus bijak dalam mengonsumsinya karena produk tersebut memiliki kandungan gula alami yang bernama laktosa yang mana bisa mengganggu proses pencernaan yang menyebabkan kembung. Produk lainnya yang sebaiknya dihindari bagi penderita laktosa intoleran adalah yogurt dan keju.

8. Hindari makanan yang sulit untuk dicerna
Bila anda mengalami perut kembung maka sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang sulit dicerna oleh tubuh seperti lemak dan gula karena akan mempermudah timbulnya kembung.

9. Minum wedang jahe
Jahe dan beberapa rempah-rempah lainnya seperti peppermint dapat membantu meredakan perut kembung, minumlah air rebusan jahe yang mampu membuat perut anda terasa lebih nyaman.

10. Makan daun simbukan
Ini salah satu bahan alami yang dipercaya akan mampu meredakan perut kembung anda. Caranya adalah cukup memasaknya dan memakannya. Bisa anda olah menjadi misalnya botok simbukan atau olahan lainnya.

Yah, itulah beberapa cara mengobati perut kembung serta mencegahnya, semoga saja bisa menambah khasanah pengetahuan anda dan tahu bagaimana langkah mencegah serta mengobati perut kembung.