Selasa, 09 April 2013

Resep Cara Membuat Bakso Yang Enak

Resep cara membuat bakso adalah salah satu resep yang banyak dicari oleh kaum ibu, karena memang cara membuat bakso ini tidak semudah cara membuat sayur atau masakan berbumbu yang lainnya. Bakso sangat cocok dinikmati apabila sedang musim penghujan.

Anda bisa mencoba menerapkan resep membuat bakso berikut ini apabila anda mau iseng mencoba bikin bakso sendiri di rumah. Namun, apabila anda ingin membuat bakso sendiri tapi tidak ingin repot-repot menggiling daging dan meracik bumbunya, maka biasanya di pasar-pasar anda akan menemui jasa penggilingan daging buat bakso yang sekaligus diracikkan bumbunya. Jadi, anda tinggal membikin bulatan-bulatan bakso lalu merebusnya. Itu bagi anda yang ingin serba praktis.

Namun, apabila anda ingin meracik bumbu-bymbunya sendiri, berikut adalah langkah-langkah pembuatan bakso ;

Sediakan terlebih dahulu bahan-bahan seperti berikut ini :

- 1 kg daging sapi giling
- 1 ons tepung kanji
- 6 siung bawang putih
- 1 senduk makan garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- penyedap rasa secukupnya

Langkah-langkah cara membuat bakso :

Resep Cara Membuat Bakso
Ilustrasi bakso
1. Langkah pertama adalah menghaluskan bawang putih, bisa dengan diblender atau ditumbuk.
2. Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
3. Selanjutnya aduklah dan uleni adonan tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit
4. Setelah adonan tercampur rata selanjutnya bentuklah menjadi bulatan dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, tapi sebaiknya anda usahakan agar ukurannya tidak terllau besar biar bisa matang secara lebih cepat dan merata.

Video cara membentuk bulatan bakso :


Bahan untuk kuah bakso :

- Tulang sapi
- Air
Bumbu kuah bakso :

- Bawang putih 5 siung, goreng dan haluskan
- Bawang merah 4 siung, goreng dan haluskan
- Bawang goreng 1/2 sdm, haluskan
- gula 2 sdt
- garam 1 sdm
- lada 1/2 sdt
- daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris halus
- kaldu sapi instan, 2 sdt

Cara membuat kuah bakso :

Pertama kali rebuslah air bersama tulang yang telah anda persiapkan sebelumnya, bersama dengan bumbu kuah bakso hingga mendidih dan tulangnya menjadi matang. Langkah selanjutnya, kecilkan apinya dan anda bisa mulai menikmati hidangan bakso beserta kuahnya. Anda bisa pula melangkapi dengan bumbu-bumbu pelengkap seperti bawang goreng, tahu, seledri, saus, dll agar terasa lebih mantap.

Demikianlah yang bisa saya jelaskan mengenai cara membuat bakso, semoga saja anda bisa menerapkannya dan membuat bakso sendiri di rumah untuk dinikmati sendiri bersama seluruh anggota keluarga.