Senin, 08 April 2013

Khasiat dan Kandungan Gizi Telur

Khasiat dan kandungan gizi telur – Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang memiliki banyak kandungan nutrisi penting bagi tubuh kita. Telur biasanya disajikan pada saat sarapan untuk memenuhi kebutuhan protein pada hari itu. Bisa diolah menjadi berbagai macam masakan atau langsung dimakan mentah yang biasanya digunakan untuk meningkatkan stamina tubuh.

Seluruh bagian pada telur baik itu kuning telur, putih telur maupun cangkangnya bisa diambil manfaatnya. JAngan dikira telur hanya bisa dikonsumsi saja, karena cangkangnya pun bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan.

Beberapa Khasiat dan kandungan gizi telur :

1. Lutein
Salah satu khasiat penting telur adalah membantu merawat mata anda. Itu karena adanya kandungan karetenoid yang cukup tinggi terutama pada bagian kuning telur. Karetenoid tersebutadalah lutein dan zeaxanthin yang dapat anda manfaatkan untuk mencegah terjadinya agerelated macular degeneration (AMD).

2. Sumber zat besi bagi para penderita anemia
Meskipun harganya relatif murah, akan tetapi telur memiliki kandungan gizi yang tinggi. Merupakan salah satu sumber zat besi yang diperlukan oleh penderita anemia. Zat besi yang terkandung di dalam telur ini bisa dengan mudah dicerna oleh tubuh sehingga baik untuk kesehatan anda.

3. Memiliki kandungan vitamin yang mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh
Disarankan pada usia anak-anak untuk mengonsumsi telur terutama saat sarapan karena kandungan gizi telur yang amat banyak. Diantara kandungan gizi telur adalah vitamin A, E dan juga B12.

4. Baik untuk dikonsumsi para calon ibu
Kandungan gizi telur adalah protein serta lebih dari 12 vitamin dan mineral yang penting untuk dikonsumsi para calon ibu. “Sel-sel bayi Anda tumbuh pada tingkat yang eksponensial, dan setiap sel terbuat dari protein,” papar seorang ahli gizi yang bernama Elizabeth Ward. Tak hanya itu karena kandungan kolin dalam telur juga dapat mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, sambil membantu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa jenis telur bahkan memiliki kandungan omega-3 yang penting buat otak serta pengembangan penglihatan.

Itulah beberapa khasiat telur yang ternyata cukup baik untuk dikonsumsi demi menunjang kesehatan tubuh.