Senin, 08 April 2013

Contoh Surat Pengunduran Diri dan Tips Mengundurkan Diri Secara Elegan

Contoh surat pengunduran diri (Resign Letter) ini amat diperlukan bagi para pekerja atau karyawan suatu perusahaan atau instansi yang berniat resign dari pekerjaannya. Penulisan surat pengunduran seharusnya sopan tapi lugas. Berikut ini saya akan memberikan contohnya agar bisa menjadi referensi bagi anda.

Oh, iya sebagai tambahan saya ingin memberikan tips bagaimana cara mengundurkan diri secara elegan biar harga diri dan martabat anda bisa tetap terjaga baik di lingkungan kerja yang lama ataupun yang hendak dituju.

1. Jangan menyebarkan rencana pengunduran diri anda kepada siapapun, jangan biarkan bos anda mengetahui rencana pengunduran diri anda terlebih dahulu dari orang lain

2. Meskipun bulan sekarang ini mungkin menjadi bulan terakhir anda bekerja di tempat itu, namun anda tak seyogyanya bertindak seenaknya. Akan tetapi tetap kerjakan pekerjaan anda dengan baik dan disiplin seperti biasanya

3. Bersifat jujur dan terbuka mengenai apa yang menjadi alasan anda mengundurkan diri mungkin perlu agar tak menimbulkan rasa malu di kemudian hari

4. Mintalah referensi atau testimonial dari atasan karena hal tersebut penting untuk memuluskan jalan karier anda di tempat kerja baru. Dan perlu anda garis bawahi bahwa surat referensi dari atasan ini berbeda dengan surat keterangan pernah bekerja di suatu perusahaan

5. Menjaga hubungan baik dengan rekan kerja di tempat yang sekarang karena bisa jadi pada suatu hari anda akan berjumpa lagi sama mereka dan bukan tak mungkin mereka memberikan informasi peluang yang lebih bagus dari tempat kerja baru anda

Okelah mungkin itu beberapa tips yang perlu menjadi bahan pertimbangan anda jika saat ini berniat mau mengundurkan diri dan melamar pekerjaan di perusahaan lain.

Contoh surat pengunduran diri

Makassar, 8 April 2013

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Updatekerendotcom Utama
Jl. Kalisegara No.37
Surabaya


Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Ahmad Afandie bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Updatekerendotcom Utama sebagai Staff Marketing, terhitung sejak tanggal 8 April 2013.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Updatekerendotcom Utama. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Updatekerendotcom Utama apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap selalu, PT. Updatekerendotcom Utama dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,


Ahmad Afandie

Semoga contoh surat pengunduran diri tersebut bisa menjadi referensi bagi anda yang saat ini membutuhkannya guna keperluan resign.