Minggu, 07 April 2013

Langkah Metode Cara Membuat Telur Asin

Cara membuat telur asin sebenarnya sangat sederhana dan mudah diaplikasikan tanpa membutuhkan peralatan yang mahal. Memang sih dibanding harus repot-repot membuat telur asin sendiri mendingan beli langsung jadi di warung atau pasar. Tapi apa salahnya apabila anda belajar membuat telur asin sendiri siapa tahu sajasuatu waktu ingin mencari penghasilan tambahan dengan berjualan telur asin.

Telur asin ini memang salah satu makanan kesukaan masyarakat indonesia karena selain rasanya yang enak dan gurih, telur asin juga kaya akan kandungan gizi. Sangat bagus jika anda menambahkan telur asin ke dalam menu sarapan anak anda. Karena kandungan gizi telur asin ini akan mampu membantu untuk menjaga pekerkembangan otak. Dan yang perlu dicatat adalah bahwa nilai gizi telur asin ini ternyata lebih tinggi jika dibandingkan dengan telur ayam.

Okelah, berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat telur asin :

Untuk membuat telur asin ada beberapa metode yang bisa dipakai, yang akan saya jelaskan melalui uraian di bawah. Dan sebelumnya anda harus mempersiapkan telur bebek (itik) yang biasanya berwarna biru dalam keadaan belum dikukus (masih mentah).

1. Perendaman dalam larutan garam
Cara yang pertama ini cukup simpel dan praktis, yaitu merendam telur yang telah anda persiapkan ke dalam larutan garam yang dingin. Biasanya lama perendaman berkisar antara 7 hingga 10 hari. Hasil dari telur asin dengan cara inicukup baik akan tetapi hasilnya bisa dibilang tak sebagus jika dibandingkan dengan menggunakan campuran serbuk batu bata atau abu gosok dengan garam.

2. Pemeraman telur menggunakan adonan garam
Cara yang kedua ini bisa menghasilkan telur dengan kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan cara yang pertama tadi meskipun untuk menerapkannya terbilang lebih rumit. Cara membuat telur asin dengan cara kedua ini yaitu dengan mencampur bubuk batu bata atau abu gosok dengan garam, kemudian tambahkan air secukupnya hingga berbentu seperti pasta. Setelah itu anda harus membalur telur yang sudah dipersiapkan dan dicuci dengan pasta tersebut. Lama pemeraman bisa memakan waktu satu hingga dua minggu. Jika anda kurang menyukai rasa telur asin yang terlalu asin maka sebaiknya cukup memeramnya selama seminggu saja.

cara membuat telur asin

langkah membuat telur asin
 Ilustrasi cara membuat telur asin / sumber gambar : http://endyndyindy.blogspot.com/2012/03/ujian-praktek.html
3. Merendam telur pada adonan garam
Cara yang terakhir ini langkahnya hampir sama dengan cara yang kedua. Tetapi anda tak perlu membalurkan pasta satu persatu. Anda cukup membuat adonan bubuk batu bata atau abu gosok dicampur air dan garam, kemudian masukkan semua telur yang disiapkan ke dalamnya. Caranya pertama kali siapkan wadah kosong kemudian masukkan sebagian pasta ke dalam wadah tersebut dan setelah itu letakkan telur yang telah dibersihkan, usahakan memberi sedikit celah untuk masing-masing telurnya. Jika semua telur sudah tersusun dalam wadah selanjutnya tuang sisa adonan tadi ke atasnya hingga menutupi telur. Waktu perendaman berkisar 7-10 hari.

Oh, iya untuk membuat pastanya jika anda masih bingung maka bisa mencoba komposisi berikut : untuk 30 butir telur bebek anda memerlukan skitar 60 genggam abu gosok atau bubuk bata merah dan 1 kg garam. Untuk airnya dikira-kira saja.

Sedangkan saat memanen, supaya tidak sampai merusak telur sebaiknya anda membasahi adonan yang melapisi telur, yang kemungkinan sudah agak mengering karena dibiarkan selama 7-10 hari dengan air hingga basah. Setelah adonannya basah dan mengencer maka akan mudah bagi anda untuk mengambil telurnya satu persatu kemudian dicuci sampai bersih dan dikukus.

Itulah beberapa metode cara membuat telur asin, semoga bisa meningkatkan wawasan anda dan siapa tahu di kemudian hari anda akan menjadi pengusaha telur asin yang sukses setelah mencoba cara pembuatan telur asin tersebut.