Minggu, 28 April 2013

Tips Aman Berkendara Saat Hujan Bagi Pengendara Motor

Tips berkendara saat hujan penting untuk anda ketahui untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena di saat hujan jalanan pastinya licin dan tak jarang muncul lubang di jalanan. Oleh karena itu, sebaiknya anda mempertimbangkan tips berkendara yang aman saat hujan.

Tips aman berkendara saat hujan :

1. Berteduh
Jika perjalanan yang anda tempuh masih cukup jauh sedangkan hujan turun dengan lebatnya, maka pilihan terbaik adalah menemukan tempat berteduh yang nyaman dan aman sambil menunggu hujan reda. Namun, apabila hujannya tak begitu deras dan anda berkeras untuk melanjutkan perjalanan, maka sebaiknya perhatikan tips-tips di bawah ini.
Tips berkendara saat hujan
2. Persiapkan mantel hujan
Selalu persiapkan mantel (jas hujan) anda apabila hendak bepergian dengan jarak tempuh yang lumayan jauh, terlebih pada musim hujan. Sebaiknya menggunakan yang model celana dan baju, jangan yang model ponco karena akan lebih aman. 

Usahakan pula memakai mantel yang berwarna cerah untuk meningkatkan visibilitas para pengguna jalan yang lain.

3. Cek kondisi ban
Anda perlu untuk memeriksa kedalaman alur ban anda apa masih dalam kondisi baik (masih dalam) sebelum menempuh perjalanan, terutama di musim penghujan. Sebaiknya segera ganti ban anda jika sudah tipis. Karena hal tersebut akan menghindarkan dari tergelincir (slip) maupun aquaplanning.

Aquaplanning ini adalah sebuah gejala, dimana ban kehilangan traksi ketika melibas genangan air. Untuk menghindari Aquaplanning sebaiknya anda menghindari melewati genangan air dan mengurangi kecepatan motor apabila melewati jalan basah, serta sebaiknya mengikuti jalur kendaraan yang ada di depan anda.

Perlu dicek juga apakah tekanan angin bannya sudah cukup atau kurang. Jangan sampai tekanan angin ban terlalu berlebihan atau kurang. Usahakan untuk konsisten terhadap ukuran tekanan angin sesuai standar yang ditetapkan pabrikan

4. Periksa kondisi kemudi
Sebelum melakukan perjalanan, jangan lupa mengecek kondisi rem, gas, maupun kopling, apakah masih dalam kondisi baik.

5. Periksa lampu kendaraan anda
Seperti yang anda ketahui, ketika hujan maka pandangan pengendara akan semakin kabur dan tentunya jarak pandang pun semakin terbatas. Oleh karena itu, untuk meningkatkan jarak pandang, pastikan bahwa semua lampu kendaraan anda dapat menyala dengan baik karena selain berguna untuk anda sendiri juga untuk pengendara lain.

6. Pergunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendaraan.

7. Hindari mengebut
Saat hujan turun, air akan bercampur dengan sampah dan juga minyak yang terdapat di jalan. Akibatnya jalan akan semakin licin dan jika anda memaksa meningkatkan kecepatan berkendara anda, resiko untuk tergelincir semakin tinggi. Tips berkendara saat hujan ini pernting untuk anda perhatikan karena banyak kasus kecelakaan yang terjadi yang bermula dari tergelincir.

8. Usahakan jangan menerobos genangan air
Tips berkendara saat hujan yang ini karena melihat banyaknya pengalaman yang menyatakan bahwa ketika mereka menerobos genangan air, mereka terjebak pada lubang. Masih beruntung jika hanya lubang yang dangkal, jika lubang tersebut merupakan lubang yang dalam, tentunya akan menjadi masalah besar untuk anda. Selain itu, genangan air juga mungkin dapat membuat kendaraan anda mogok karena ada bagian mesin yang terendam oleh air.

9. Jaga jarak aman kendaraan anda dengan kendaraan yang ada di depan karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan akan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada dalam kondisi keriing.

10. Apabila terjebak banjir dan kendaraan anda mogok karena air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraan anda, jangan menghidupkan mesin kembali lebih baik didorong ketempat yang aman, karena dikhawatirkan sistem pengapian anda mengalami korsleting dan dapat membuat kendaran anda terbakar.

11. Jangan mengerem dan mengegas secara mendadak.
Jika anda mengerem secara mendadak maka ban akan mengunci dan sepeda motor dipastikan oleng. Jika harus mengurangi kecepatan maka lakukanlah secara bertahap. Inilah gunanya menjaga jarak aman lebih jauh dengan kendaraan yang ada di depan dibandingkan pada saat kondisi jalan kering.

12. Hindari menyalip. Jikapun akan menyalip, pastikan di depan kendaraan yang akan disalip tidak terdapat kendaraan lain. Pastikan juga tidak ada kendaraan lain dari arah berlawanan.

13.  Hindari berbelok terlalu patah dan rebah dengan kecepatan tinggi. Kurangi kecepatan hingga merasa aman untuk melakukan manuver secara perlahan.

Dan Mungkin anda bisa mencari lebih banyak lagi tips aman berkendara di saat hujan dari situs-situs yang lainnya untuk memperkaya wawasan anda dan meningkatkan skill berkendara pada waktu kondisi hujan karena keselamatan anda dan para pengguna jalan yang lain adalah prioritas utama saat sedang melakukan perjalanan.

Nah, itulah beberapa tips aman berkendara saat hujan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk anda dan meminimalisir tejadinya hal-hal yang tidak diinginkan.