Jumat, 12 September 2014

Binatang ini adalah burung tercepat di dunia, kecepatannya mengalahkan cheetah

Sosok binatang tercepat di dunia, tidak semua orang mengetahuinya. Bahkan sebagian orang akan beranggapan bahwa Cheetah, kanguru ataupun kuda adalah hewan tercepat sedunia.

Kenyataannya, hewan-hewan tersebut memang memiliki kecepatan yang mengagumkan, misalnya cheetah kecepatannya bisa mencapai sekitar 114km/jam, hampir setara dengan top speed motor jupiter z standard yang mencapai 110 km/jam. Luar biasa!

Namun, tahukah anda bahwa ada binatang lain yang memiliki kecepatan melebihi cheetah? Dia adalah The Peregrine Falcon (Falco peregrinus). Elang ini memiliki kecepatan yang sangat luar biasa sehingga membuatnya menjadi burung tercepat di dunia. Kecepatan yang pernah dicatat adalah 390 km/jam (242,3 mph). Itu bahkan lebih cepat jika dibandingkan kecepatan tertingi yang pernah dicapai oleh sebuah mobil balap F1 pada Italian Grand Prix 2004 oleh Antônio Pizzonia yaitu 369,9 km/jam (229mph).

Elang Peregrine ini kalau di Indonesia biasanya dikenal sebagai alap-alap kawah dan merupakan jenis yang terbesar pada spesiesnya. Panjangnya sekitar 50 cm. Makanan utamanya adalah burung yang memiliki ukuran sedang seperti merpati, nuri, jalak, dan ayam. Selain itu, alap-alap kawah juga memangsa binatang lainnya seperti kelinci, kelelawar, serangga, kadal serta ikan.

By Mike Baird [CC-BY-2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by/2.0)], via Wikimedia Commons

Bagaimanapun, burung tercepat di dunia ini ternyata tidak bisa dinobatkan sebagai binatang tercepat di dunia. Karena berdasarkan penemuan terbaru oleh para ahli, diketahui ada binatang lainnya yang pantas menyandang gelar sebagai binatang tercepat di dunia berdasarkan dari rasio ukuran tubuh. Binatang tercepat di dunia ternyata seekor kutu Baca ya artikelnya.