Selasa, 27 Agustus 2013

Pengertian Komputer dan Jenis-jenis Komputer

Apa itu pengertian komputer? Penggunaan komputer dewasa ini sudah begitu menjamur bukan hanya di perkantoran akan tetapi juga di rumah-rumah. Hampir semua orang di dunia sudah bisa mempunyai akses ke komputer dengan mudah. Hal itu karena sudah banyak pula warung internet yang menyewakan komputer.

Dengan mengunakan komputer maka hamper segala pekerjaan terutama yang berkaitan dengan pembukuan dan hitung mengitung akan bisa dikerjakan dengan lebih mudah dan efisien dibandingkan menggunakan buku.

Pengertian komputer

Komputer adalah sebuah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Istilah computer pada awalnya dipakai buat menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan penghitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, akan tetapi pada akhirnya istilah tersebut kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.

Dalam sebuah komputer ada beberapa komponen yang menjadi bagiannya agar bisa menjalankan fungsinya, yaitu layar monitor, CPU, keyboard, mouse dan juga sebagai pelengkapnya ada printer, headset, speaker, dll.

pengertian komputer

Jika anda ingin mengetahui apa pengertian komputer menurut para ahli maka berikut ini akan saya tampilkan :

1. Definisi komputer menurut Robert H. Bilssmer 1985
Komputer adalah merupakan suatu alat elektronik yang bisa melakukan serangkaian tugas yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
2. Definisi komputer menurut Donald H. Saders 1985
Komputer adalah merupakan suatu system elektronik yang dapat memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirangcang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang sudah tersimpan di dalam sebuah memory.
3. Definisi komputer Menurut VC. Hamacher ZG
Komputer adalah merupakan mesin penghitung elektronik yang bisa dengan cepat menerima informasi input digital, memproses sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memory (stored program) dan menghasilkan output informasi.
4. Definisi komputer Menurut William M Fuori
Komputer adalah merupakan suatu pemroses data (data processor) yang bisa melakukan perhitungan yang besar dan cepat termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia selama pemrosesan.
5. Definisi komputer Menurut Gordon B. Davis
Komputer adalah merupakan tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Jenis-jenis komputer :

Di jaman sekarang ini kita akan banyak menemui jenis-jenis komputer seperti berikut ini,
1. Personal computer (PC) atau sering juga disebut sebagai komputer desktop yang biasanya penggunaannya adalah di atas meja. Ini adalah jenis komputer yang dipergunakan di perkantoran dan di rumah-rumah.
2. Komputer jinjing atau sering disebut sebagai laptop atau notebook. Ini adalah versi portable dari sebuah PC dan biasanya sering dipergunakan oleh mahasiswa dan pebisnis. Fungsinya yang layaknya sebuah komputer desktop tapi bisa dibawa kemana-mana tentunya akan sangat memudahkan para pelajar dan pebisnis untuk mengakses komputer di manapun.
3. Netbook. Ini sebenarnya adalah versi notebook yang lebih mobile karena memiliki ukuran yang lebih disbanding notebook sehingga lebih mudah dibawa. Akan tetapi biasanya memiliki spesifikasi yang lebih rendah disbanding sebuah notebook.
4. Macs, merupakan kepanjangan dari Macintosh adalah jenis yang sama dari sebuah komputer desktop (PC) akan tetapi dianggap berbeda karena system operasinya yang menggunakan Mac Os.
5. Mainframe, merupakan komputer yang besar dan mempunyai kemampuan yang super dan dilengkapi tumpukan hard drive dan RAM yang banyak serta menjalankan beberapa CPU secara bersamaan.
6. Server, merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server ini didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.
7. Komputer analog
8. Komputer digital
9. Komputer hybrid, penggunaan komputer jenis ini adalah diperuntukkan untuk proses pengolahan data yang bersifat kuantitatif dan kualitatif.
10. Komputer portable. Komputer jenis ini sekarang ini penggunaannya mulai membooming bukan untuk orang dewasa tapi juga anak-anak usia sekolah dasar sudah banyak yang bisa mengoperasikan tablet PC.
11. Subnotebook
12. Palmtop, untuk jenis komputer yang satu ini berukuran jauh lebih kecil dari sebuah notebook karena bisa digenggam dengan tangan.
13. Special purpose computer
14. General purpose computer
15. Mini computer
16. Super computer

Demikianlah yang dapat saya beberkan mengenai apa itu pengertian komputer dan juga beberapa jenis komputer yang sering kita temui pada masa sekarang. Semoga saja bisa menambah wawasan pembaca semuanya.