Rabu, 21 Agustus 2013

5 Buah / Sayuran Terunik di Dunia

Buah-buahan terunik di dunia - Tahukah anda bahwa ternyata buah-buahan di dunia ini ada yang memiliki bentuk yang unik dan bahkan mungkin belum pernah anda temui di tempat anda. Tak hanya dari segi bentuk keanehannya bisa saja karena tumbuhnya berada di tempat yang tak lazim. Berikut akan saya tampilkan 5 macam buah / sayur yang menurut saya bentuknya aneh bagi orang Indonesia. Kalau beberapa tempat di luar negeri bisa saja buah ini tak begitu aneh karena mungkin jumlahnya cukup banyak di sana.

Berikut ini adalah beberapa buah terunik di dunia versi updatekeren.com, mungkin masih banyak sekali buah lainnya yang memiliki keanehan, akan tetapi pada kali ini hanya kami tampilkan sebanyak 5 jenis saja :

1. Buah kiwano
buah kiwano

Sekilas jika anda melihat buah ini pasti akan teringat buah mentimun. Yah, itu karena bentuk bijinya memang mirip biji mentimun dan juga mungkin buah blewah.  Anda pasti akan merasa penasaran seperti apa rasa buah ini. Warnanya yang kuning menyala dan dagingnya berwarna hijau segar ternyata memiliki rasa seperti buah jeruk, jeruk nipis, mentimun serta ada sedikit jejak rasa buah pisang.

2. Buah Jabotacaba atau dikenal juga sebagai anggur brazil

Buah Jabotacaba

Sekilas anda mungkin mengira kalau buah ini adalah anggur,  akan tetapi ada yang aneh, tak seperti kebanyakan buah yang tumbuhnya di tangkai / ranting pohon, buah ini tumbuh subur pada bagian batang pohon seperti yag anda lihat pada gambar. Jabotacaba berasal dari Amerika selatan ( Argentina, Brazil, Paraguay, Bolivia). Rasa buah ada yang mengatakan bisa berubah-rubah seperti aneka rasa buah ( sirsak, srikaya, anggur, manggis dsb). Keunikan lain buah yang dikenal juga dengan sebutan anggur brazil ini adalah rasanya yang bercampur menjadi tujuh rasa yang berbeda, asam, manis, segar, rasa alpukat, anggur, dan lain-lain.

3. Buah Finger Citron atau dikenal juga dengan buah tangan buddha

buah tangan buddha

 Buah ini memiliki bentuk seperti jari, padahal perlu anda ketahui bahwa buah ini sebenarnya adalah sejenis lemon atau dari golongan jeruk. Akan tetapi kandungan nutrisi pada buah tangan Buddha ini ternyata delapan kali lipat diabnding buah jeruk. Biasa dimanfaatkan pula sebagai pengharum ruangan dengan cara memotong kulit buahnya lalu diiris.

4.  Roman Cauliflower

Buah Roman Cauliflower

Sayuran ini menyerupai kubis bunga namun berwarna hijau dan tonjolan-tonjolan yang ada pada permukaannya menjadikannya populer sebagai salah satu contoh permainan fraktal yang ditemukan di alam. Sayuran ini kaya vitamin C, serat pangan, dan karotenoid. Dalam pemasakan, romanesko diperlakukan seperti brokoli. Romanesko lebih lembut daripada kembang kol, sehingga memerlukan pengolahan minimal.

5.  Durian berwarna merah



Nah, buah yang kelima ini ternyata berasal dari Indonesia atau tepatnya di Desa Kemiren Banyuwangi, Jawa Timur. Bagi anda yang tak pernah melihatnya secara langsung mungkin menganggap bahwa buah ini adalah hasil olahan photosop. Akan tetapi jika anda pernah berkunjung ke Desa Kemiren Banyuwangi, Jawa Timur, ada salah satu gang di desa itu dinamakan Gang Duren Abang alias Gang Durian Merah.