Senin, 26 Agustus 2013

Beragam Khasiat / Manfaat Jamur Tiram Putih Bagi Kesehatan

Khasiat atau manfaat jamur tiram bisa dibilang cukup banyak misalnya saja di bidang kesehatan, jamur ini memiliki khasiat yang luar biasa. Oyster Mushrooms (Pleurotus ostreatus) bisa diolah menjadi berbagai amcam olahan mulai dari sate, bakso, keripik, sup, dsb.

Selain rasanya yang kenyal dan nikmat bila bercampur dengan bumbu olahan, jamur tiram memiliki beberapa manfaat kesehatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Berikut adalah beberapa diantaranya :

manfaat jamur tiram
1. Efek antioksidan
Jamur tiram ini mempunyai kandungan ergothioneine, sebuah antioksidan unik yang secara khusus diproduksi oleh jamur, berdasarkan penelitian pada 2010 yang dipimpin oleh seorang ahli gizi dari Penn State, Joy Dubost. Penelitian tersebut menemukan bahwa jamur tiram memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi sel-sel di dalam tubuh. Diketahui bahwa pada 3 ons jamur tiram yang disajikan mengandung 13 mg ergothioneine yang level kandungannya tidak berkurang meski dimasak.
2. Efek antibakteri
Jamur tiram juga memiliki efek antibakteri yang signifikan, hal tersebut berdasarkan suatu penelitian pada 1997 yang dipublikasikan dalam "Journal of Agricultural and Food Chemistry." Penelitian tersebut menunjukkan bahwa senyawa aktif benzaldehyde mengurangi level bakteri. Hal tersebut kemungkinan sebagai ebntuk dari reaksi jamur terhadap tekanan (stress).

3. Kandungan nutrisi jamur tiram
Selain memiliki efek antioksidan serta antibakteri, jamur tiram juga memiliki kandungan gizi yang tak bisa dipandang sebelah mata. Kandungan nutrisinya cukup tinggi. Berdasarkan pada suatu penelitian yang dipublikasikan dalam "Food Chemistry," jamur tiram mengandung zinc, zat besi, potasium, kalsium, fosfor, vitamin c, folic acid, niasin, dan vitamin B-1 dan B-2 dalam level yang signifikan. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa mengonsumsi jamur tiram sebagai bagian dari diet sehat dapat memberikan kontribusi untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dianjurkan. Tak hanya itu, karena jamur tiram juga mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan.

Itulah beberapa khasiat atau manfaat jamur tiram bagi kesehatan, kemungkinan masih ada beberapa manfaat lainnya, jadi tunggu apa lagi, mari jadikan jamur tiram sebagai bagian dalam menu makanan harian kita.