Jumat, 17 Agustus 2012

Manfaat Buah Semangka

Manfaat buah semangka amatlah banyak, salah satunya yaitu memberikan kita kesegaran di saat terik matahari menyengat dan hawa udara panas menjalar di sekitar. Manfaat lain dari buah semangka adalah di bidang kesehatan yang ternyata juga tak kalah dengan manfaat yang dikandung oleh buah lainnya ataupun sayur mayur.

Berikut adalah 5 diantara manfaat buah semangka bagi kesehatan :

1. Mencegah tekanan darah tinggi dan stroke
Tahukah anda bahwa di dalam buah semangka itu terkandung mineral kalium yang bisa berguna dalam menurunkan tekanan darah. Oleh karena itulah anda bisa memanfaatkan semangka apabila menderita darah tinggi. Para peneliti menemukan bahwa buah semangka ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang gemuk serta dapat mengurangi resiko serangan jantung pada saat cuaca dingin. Selain itu kandungan karetenoid pada buah semangka dapat mencegah pengerasan dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Anda bisa mengonsumsi buah semangka sebagai makanan pencuci mulut setelah makan ataupun di saat senggang.

Manfaat Buah Semangka
2. Menjaga kesehatan ginjal
Kandungan kalium yang tinggi dalam buah semangka dapat membantu membersihkan sisa-sisa racun yang terdapat pada ginjal. Selain daripada itu, buah yang berwarna merah dan berair ini juga dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga mengurangi risiko kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

3. Mengandung senyawa antioksidan yang bisa memerangi radikal bebas
Buah senyawa juga memiliki kandungan likopen dalam kadar yang cukup tinggi. Ini merupakan salah satu senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Perlu anda ketahui bahwa radikal bebas ini adalah salah satu pemicu kanker.

4. Bisa mencegah sariawan
Apabila anda menderita sariawan, maka anda bisa mengambil buah seamngka untuk mengobatinya. Buah ini banyak mengandung vitamin dan juga air yang berperan mencegah munculnya sariawan karena pada dasarnya salah satu penyebab sariawan akan muncul apabila mulut anda kering dan ada bakteri yang berkembang di dalam mulut. Selain itu terdapat kandungan vitamin C yang juga bermanfaat untuk sariawan.

5. Buah yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes
Kandungan gula dalam buah semangka terbilang rendah. Selain itu, buah semangka ternyata juga bisa mendorong produksi insulin sehingga dapat menurunkan kadar gula di dalam darah.

Itulah beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan yang mungkin anda perlu tahu betapa banyak khasiat dari buah semangkan yang rasanya segar ini.