Senin, 20 Agustus 2012

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan sebenarnya banyak loh, hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan gizi dalam buah tersebut. Alpukat merupakan buah yang cukup banyak diminati oleh masyarakat indonesia. Dapat dikonsumsi secara langsung dengan cara disendoki ataupun dibuat jus.

Bagi anda yang merasa penasaran, sebenarnya apa saja sih manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh, berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Mencegah resiko penyakit stroke
Buah alpukat ini memiliki potensi untuk mencegah penyakit stroke. Hal itu dikarenakan kandungan asam folat yang dimilikinya. Resiko terkena penyakit stroke akan semakin kecil bagi orang-orang yang suka memakan makanan yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi.

manfaat buah alpukat

2. menangkal radikal bebas
Alpukat dikenal juga sebagai buah yang kaya akan kandungan antioksidan sehingga bisa menangkal radikal bebas yang berhaya bagi kesehatan. Radikal bebas ini adalah penyebab utama timbulnya kanker. Bahkan radikal bebas jugalah yang mempercepat proses penuaan. Jika anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai radikal bebas maka pembahasan nya akan saya bahas dalam artikel tersendiri.

3. Menjaga kesehatan mata
Selama ini yang kita tahu adalah untuk menjaga kesehatan mata maka kita membutuhkan vitamin A. Nah, selain mengandung vitamin A ternyata buah alpukat juga memiliki kandungan lutein. Lutein ini merupakan nutrisi penting yang berperan dalam melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula.

4. Menjaga kesehatan jantung
Buah alpukat juga mampu menjaga kesehatan jantung. Diantara kandungan nutrisinya yang bermanfaat untuk ini adalah asam folat. Dalam satu gelas alpukat mengandung sekitar 23% dari total asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berdasarkan hasil suatu penelitian diketahui bahwa orang yang mengonsumsi asam folat memiliki resiko untuk terserang penyakit jantung lebih rendah.

5. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Makan buah alpukat diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau yang biasa disebut LDL. Dan juga mampu menaikkan jumlah kolesterol baik yang dikenal dengan HDL.

6. Menurunkan dan mengontrol tekanan darah
Buah alpukat diketahui juga bisa menurunkan serta mengontrol tekanan darah anda. Itu karena kandungan zat potasium yang terdapat di dalamnya.

7. Mengontrol gula darah
Di dalam buah alpukat terkandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu mencegah resistensi insulin yang biasa menjadi penyebab penyakit diabetes.

8. Mencegah peradangan

9. Meningkatkan berat badan
Nah, bagi anda yang memiliki tubuh yang kurus, sebaiknya mulai mengonsumsi alpukat bila ingin menambah berat badan.

Tak hanya buat kesehatan tubuh, manfaat buah alpukat juga bisa dirasakan untuk kecantikan kulit anda. Bahkan alpukat ini juga sering dimanfaatkan untuk membuat masker wajah. So guys, sudahkah anda makan alpukat hari ini?