Jumat, 17 Agustus 2012

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Cara menghilangkan bau mulut mungkin adalah informasi yang sedang anda cari karena kurang percaya diri dengan mulut anda yang mengeluarkan bau kurang enak sehingga merasa risih ketika berkumpul dengan teman-temen.

Banyak hal yang bisa menjadi faktor penyebab bau mulut, seperti adanya bakteri di dalam mulut, makanan yang memiliki bau tajam seperti jengkol, atau karena kebiasaaan meminum minuman yang beralkohol.

Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana cara menghilangkan bau mulut :

1. Meminum air putih atau mengunyah permen karet bebas gula
Jika mulut anda terasa bau ketika berbicara maka cobalah meminum air putih atau air mineral karena biasanya jika mulut kering maka akan menjadi salah satu faktor yang dapat memicu timbulnya bakteri dan berakibat menimbulkan bau mulut. Atau anda juga bisa mengunyah permen karet bebas gula selama 20 menit, karena diketahui bahwa mengunyah permen karet ini akan meningkatkan produksi air liur yang bisa memabntu menetralkan asam pada plak gigi yang biasanya menyebabkan bau mulut.

2. Hindari memakan makanan yang berbau tajam
Bahan makanan seperti bawang putih, durian, jengkol, pete bisa menyebabkan mulut anda mengeluarkan bau meskipun sudah melakukan sikat gigi. Membutuhkan waktu yang agak lama sampai aroma yang ditimbulkan oleh bahan-bahan makanan tersebut benar-benar hilang. Jadi, apabila anda akan ada pertemuan atau berkumpul dengan banyak orang sebaiknya menghindari jenis bahan pangan tersebut agar mulut anda tidak mengeluarkan aroma saat bercakap-cakap.

3. Periksa kesehatan gigi
Anda sebaiknya memeriksakan kesehatan gigi anda 6 bulan sekali agar gigi anda terjaga kesehatannya. Gigi yang berlubang biasanya akan menyebabkan penumpukan sisa makanan yang berakibat timbulnya bau mulut. Jika ada gigi yang berlubang sebaiknya segera menambalnya.

4. Rutin menggosok gigi
Jangan melupakan kebiasaan menggosok gigi sebanyak 2 kali sehari saat bangun tidur dan mau tidur karena setelah memakan makanan seharian mulut anda akan terdapat sisa-sisa makanan yang bisa dihinggapi bakteri sehinga dnegan menggosok gigi akan membersihkan sisa makanan tersebut serta mengurangi bakteri yang ada dalam mulut anda.

5. Gunakan ramuan alami untuk menghilangkan bau mulut
Salah satu bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan bau mulut adalah daun sirih.. caranya cukup gampang anda bisa menyiapkan 4-5 lembar daun sirih, cuci sampai bersih dan rebuslah dengan 1 gelas air sampai mendidih. Dinginkan, dan pergunakan untuk berkumur-kumur setelah anda melakukan rutinitas menggosok gigi.

Yah, itulah beberapa tips cara menghilangkan bau mulut yang bisa anda coba, semoga anda tak lagi mengalami apa yang namanya bau mulut karena itu akan sangat mengurangi rasa percaya diri dan membuat risih saat berhadapan dengan orang lain.