Sabtu, 18 Agustus 2012

Manfaat Buah Pepaya Yang Perlu Diketahui

Manfaat buah pepaya bagi kesehatan sudah sejak dulu diketahui oleh masyarakat kita, yang salah satunya adalah bisa membantu melancarkan BAB bagi anda yang menderita sembelit.

Tak hanya itu saja, bahkan sekarang ini bermunculan produk sabun buah pepaya yang diklaim memiliki banyak sekali manfaat buah kesehatan ataupun kecantikan kulit. Diantaranya adalah untuk mencerahkan kulit, mengatasi jerawat yang membandel, mengatasi massalah noda hitam, melembabkan dan melembutkan wajah, memutihkan kulit, menangkal radikal bebas, serta beberapa manfaat lainnya.

Bahkan buah pepaya ini juga bermanfaat untuk menghemat kantong kita karena harganya yang relatif murah. kesegaran dan kemanisan rasanya pun serasa pas di lidah membuat merasa ketagihan terutama pepaya jenis bangkok yang memiliki daging tebal, berukuran besar, serta manis rasanya bikin ketagihan. Pepaya jenis ini sangat populer di Indonesia, meskipun masih ada banyak jenis pepaya lainnya yang juga populer di Indonesia misalnya saja pepaya Hawai, pepaya cibinong, pepaya california, dan pepaya gunung.

Buah pepaya bisa dibilang termasuk buah yang unik, saat muda buahnya memiliki rasa hambar, dan biasanya dimanfaatkan untuk sayur untuk dimasak sebagai sayur lodeh, sambal goreng, dan aneka masakan lainnya. Akan tetapii saat berusia tua dan matang rasanya amat manis. Sangat nikmat apabila disajikan dingin sehabis dimasukkan lemari es.

manfaat buah pepaya

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pepaya yang lain bagi kesehatan :

1. Buah pepaya memiliki kalori yang rendah akan tetapi mengandung banyak gizi. Ajdim sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet.

2. Buah pepaya mengandung bnayak serat yang bisa berguna untuk melancarkan sistem pencernaaan, mencegah diabetes, membantu menurunkan berat badan dan berbagai manfaat lainnya

3. Dengan mengkonsumsi dalam jumlah yang cukup, buah pepaya dapat bermanfaat sebagai agen detoksifikasi yaitu proses mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi

5. Pada bagian daun pepaya bisa dimanfaatkan untuk mengobati malaria dan demam, caranya tumbuk daun pepaya muda hingga mennjadi ½ gelas lalu tambahkan air hingga gelas penuh dan taburkan sedikit garam, peras dan saringlah lalu diminumkan 3 kali sehari selama 5 hari berturut-turut

6. Apabila anda digigit ular maka bisa memanfaatkan akar pepaya, caranya ambil 5 jari akar pepaya, cucilah kemudian ditumbuksampai halus, llau ditempelkan pada bagian yang terkena gigitan, ganti sebanyak 2 kali sehari

7. Buah pepaya mengandung anti-inflamasi dan anti kanker

8. Vitamin A dalam buah pepaya penting untuk menjaga kesehatan mata

Itulah beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan, tentu saja masih banyak manfaat yang lainnya, mulai dari buah, kulit, akar, daun pepaya semuanya bisa memiliki manfaat bagi kesehatan apabila digunakan secara tepat.

Sedangkan manfaat buah pepaya untuk kecantikan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Membantu pertumbuhan rambut dan mencegah timbulnya ketombe

2. Membantu menghilangkan bekas jerawat dan memutihkan kulit, dengan cara memakainya sebagai masker

3. Mencegah penuaan dini

Yah, demikian beberapa diantara manfaat buah pepaya baik bagi kesehatan ataupun kecantikan, sehingga tidak ada alasan bagi anda untuk tidak menyukai buah ini.