Selasa, 03 Juni 2014

Mainan anak yang ternyata bisa membantu memperpanjang masa hidup baterai smartphone sampai 3 kali lipat

Masalah energi adalah masalah sangat vital bagi manusia karena diprediksi dalam beberapa puluh tahun lagi energi dunia dari bahan bakar fosil akan habis. Namun kita tak perlu berpikir sejauh itu, kita memikirkan kenapa smartphone kita baterainya selalu habis dengan cepat saja sudah bingung. Smartphone memang mengkonsumsi listrik lebih banyak dari ponsel biasa, maka tidak heran jika setiap empat atau lima jam Anda harus mencharge smartphone Anda.

Namun sebentar lagi Anda tidak perlu takut karena saat ini sedang dikembangkan sebuah teknologi yang membuat batere smartphone menjadi tiga kali lebih awet. Yang artinya jika Anda setiap lima jam sekali perlu mengisi ulang baterai ponsel Anda maka dengan teknologi baru ini Anda hanya perlu men-charge smartphone Anda setiap lima belas jam sekali, cukup ngirit kan?.

mainan yang meningkatkan masa hidup baterai

Teknologi yang sedang dikembangkan ini juga unik karena memakai bahan material mainan. Anda tahu sebuah mainan yang bernama Silly Putty? Bahan untuk mainan ini bisa membuat baterai smartphone menjadi lebih awet. Mainan tersebut terbuat dari silikon yang jika dicampurkan pada bahan pembuat baterai, yaitu lithium ion bisa membuat baterai 3x lebih awet tanpa adanya tambahan bahan kimia berbahaya. Bahan yang sering dipakai pada boneka tersebut saat ini sedang berusaha dikembangkan dan dirubah menjadi silikon dioksida yang berfungsi memperkuat baterai standar.

Penemuan teknologi terbaru dalam penguatan baterai smartphone ini tentu saja sangat menggembirakan karena bahan silikon ini sangat aman dan bahkan ramah lingkungan. Diklaim bahwa silikon dioksida tidak beracun karena dipergunakan sebagai bahan pembuat mainan anak-anak. Dan yang lebih menggembirakan lagi, bahan silikon dioksida ini bisa didaur sampai dengan 100 kali dan tidak akan kehilangan kapasitas penyimpanan energi maksimumnya.

Dengan kata lain penggunaan teknologi silikon dioksida ini bisa memperpanjang usia efektif baterai yang dicampuri dengan silikon ini. Jika teknologi ini benar-benar bisa terwujud maka Anda tidak akan perlu lagi terlalu sering mengisi ulang ponsel ataupun membawa power bank kemana-mana sebagai cadangan untuk smartphone Anda.