Minggu, 29 Juni 2014

Cara membuat tabel html di dalam postingan Blog Blogger atau Wordpress dengan cara paling mudah dan praktis

Cara membuat tabel html di dalam postingan Blogger atau Wordpress dengan cara paling mudah dan praktis. Wow, judulnya kok kelihatannya seperti "too good to be true" jangan-jangan adminnya bohong nih hehe.

Santai aja kawan karena memang dalam artikel kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat 'clean html table' dengan cara yang paling praktis dan mudah. Tapi, anda membutuhkan koneksi internet pada sentuhan akhir.

Sebenarnya cara paling sederhana untuk membuat tabel html di postingan blog adalah dengan membuat tabel di Microsoft Excel kemudian dicopy dan dipastekan ke web page editor.

Namun, saat blog anda dalam mode "HTML editor" akan anda temui kode seperti <col style="mso-width-alt: 5449; mso-width-source: userset; width: 112pt;" width="149"></col> dan sejenisnya yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan membuat html lebih sulit untuk dibaca. Nah, anda bisa kok menghilangkan kode-kode pengganggu itu secara cepat dengan sebuah tool. Ikuti panduan berikut :

1. Buka Microsoft Excel lalu masukkan data-data anda pada tabel


2. Select dan Copy tabel yang telah anda bikin


3. masuklah ke situs http://tableizer.journalistopia.com/ dan pastekan tabel tadi ke dalam kotak lalu klik Tombol "tableize it"


4. Selanjutnya copy code html dari situs tadi

5. Dan pastekan ke dalam blog kamu dalam mode "HTML EDITOR", hasilnya akan menjadi seperti ini


No.TanggalEvent
11-Jun-14pesta ultah
22-Jun-14ke singapura
33-Jun-14meeting dengan klien
44-Jun-14jalan-jalan
55-Jun-14ke Jakarta

Nah, dengan demikian anda sudah berhasil membuat tabel yang clean html untuk diposting ke dalam blog, seperti layaknya membuat tabel html secara manual.