Selasa, 03 Juni 2014

Cara Kerja Laser Pada Ponsel LG G3

Baru kali ini ada ponsel yang mempergunakan laser sebagai penunjang fiturnya. Ponsel yang telah mempergunakan teknologi laser adalah ponsel besutan LG yaitu LG G3. Sebagai ponsel generasi berikutnya LG G3 mempunyai fitur-fitur yang spesial yaitu fitur kameranya yang mempergunakan teknologi terbaru. Perusahaan elektronik terbesar kedua di Korea ini berusaha menyajikan kamera dengan fitur sangat istimewa yang mampu membuat fokus otomatisnya semakin cepat. Oleh sebab itu LG mempergunakan teknologi laser untuk mempercepat fokus otomatis menjadi hanya 0,276 detik saja, lebih cepat dari kedipan mata.

Cara Kerja Laser Pada Ponsel LG G3
LG memasang autofokus laser yang lebih cepat dalam mengukur jarak antara lensa dengan objek yang hendak dipotret. Dengan laser tersebut sistem didalam kamera mendapatkan data yang diinginkan dan langsung memfokuskan lensa.

Cara penggunaan laser ini sangat sederhana, bahkan Anda tidak akan menyadarinya. Semenjak Anda membuka aplikasi kamera, LG G3 langsung memancarkan sinar laser yang berbentuk kerucut. Laser ini dipancarkan dari sebuah alat disamping kamera dan mempergunakan panjang gelombang sinar infra merah sehingga kasat mata. Sinar yang terpantul dari objek kemudian dihitung oleh sistem ponsel untuk menentukan jaraknya dan titik fokusnya. Teknologi laser ini memang baru pertama kali ini diaplikasikan oleh LG.

Padahal sejatinya LG mendesain teknologi laser ini untuk dipergunakan bagi peralatan rumah tangga, yaitu robot penyedot debu. Namun karena tidak jadi di implementasikan maka kemuduan dialihkan pada ponsel buatan mereka. Dengan teknologi laser ini maka LG G3 menjadi ponsel dengan autofokus tercepat untuk saat ini.

Selain itu teknologi laser ini juga dipergunakan untuk deteksi kontras dan juga deteksi wajah. Namun fitur ini akan digantikan autofokus biasa jika sinar laser tidak mempu membaca fokus objek misal karena objek yang terlalu jauh.