Selasa, 12 Agustus 2014

7 kota di Indonesia yang paling nyaman ditinggali versi IAP

Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) baru-baru ini merilis daftar kota di Indonesia yang paling nyaman untuk ditinggali atau Indonesian Most Livable City Index 2014 oleh masyarakat.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh IAP tersebut, ditemukan ada 7 kota yang mempunyai nilai di atas rata-rata dan dianggap nyaman untuk ditinggali. "Kota Balikpapan secara signifikan berada di atas rata-rata nasional untuk aspek tata kota dan pengelolaan lingkungan dibandingkan dengan kota lain," ujar Ketua Umum IAP Indonesia Bernardus Djonoputro, di Jakarta, Senin (11/8/2014) seperti dikutip Kompas .

Lebih lanjut Bernard menjelaskan bahwa survei tersebut murni persepsi masyarakat. Menurutnya, dalam penentuan kota nyaman tersebut berdasarkan dari 27 indikator yang ditentukan sebelumnya. Jumlah responden yang dilibatkan sebanyak 1000 orang, yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

kota di Indonesia yang paling nyaman ditinggali
Ilustrasi kota Balikpapan / Photo credit : snitour.wordpress.com

Margin of error dari survei yang dilaksanakan pada tahun 2014 tersebut sebesar 2%. Keberadaan indeks tersebut tidak dimaksudkan untuk melakukan pemeringkatan kota yang lebih baik, tetapi untuk mengukur kualitas kehidupan warga kota dan dimaksudkan untuk melakukan identifikasi awal faktor-faktor kritis pembangunan pada tiap-tiap kota berdasarkan persepsi warga.

Berikut adalah 7 kota di Indonesia yang paling nyaman untuk ditinggali versi IAP, di mana Balikpapan menempati posisi pertama :

  1. Balikpapan
  2. Solo
  3. Malang
  4. Yogyakarta
  5. Makassar
  6. Palembang
  7. Bandung

Apabila hasil survei ini tepat, maka bersyukurlah anda yang saat ini tinggal di kota-kota tersebut. Dan bagi penduduk kota lainnya marilah kita turut andil dalam membuat kota yang kita tinggali menjadi senyaman mungkin.