Sabtu, 21 Juli 2012

Fitur Baru Custom Permalink Blogger Blogspot.com

Fitur Baru Custom Permalink Blogger ini bisa anda manfaatkan untuk mengedit url postingan sesuai dengan keinginan anda. Hal ini adalah fitur baru karena sebelumnya setiap anda membikin postingan baru maka url akan digenerate secara otomatis.Tentunya ini adalah angin segar bagi pengguna platform blog yang didukung Google ini setelah sekian lama menantikan hadirnya fitur ini.

Namun, anda hanya akan bisa menggunakan fitur ini selagi postingan masih dalam draft atau schedule, jika artikel sudah terpublish maka urlnya tidak bisa diubah lagi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan custom permalink di blogger :

1. Pertama kali pastikan anda sudah menggunakan tampilan Blogger yang baru
2. Ketika anda berada di post editor (new post/posting baru), perhatikan di sidebar kanan yaitu pada bagian "Post Setting (Setelan Entri)" dan di situ akan ada menu "permalink (tautan permanen)" kemudian pilihlah pada "Custom Url (Url khusus)" seperti pada gambar berikut


3. Nah, masukkan judul sesuai yang anda inginkan, pisahkan setiap kata dengan tanda penghubung/hypen/strip (-)

4. Klik done (selesai)

Catatan :

Anda hanya bisa memanfaatkan fitur ini selama artikel belum dipublikasikan atau masih dalam berada dalam draft/schedule. Namun, yang bisa diubah di sini tentu saja hanya nama file bukannya struktur permalink lengkap. Misalnya saja  http://www.updatekeren.com/2012/07/fitur-baru-custom-permalink-blogger-blogspot.html. Anda tak bisa mengubahnya menjadi http://www.updatekeren.com/fitur-baru-custom-permalink-blogger-blogspot.html. Tapi yang diubah hanya nama filenya saja, yaitu fitur-baru-custom-permalink-blogger-blogspot bisa anda ubah menjadi fitur-baru-custom-permalink-blogger-yang-keren. Itu sebagai ilustrasi.

Okelah selamat mencoba fitur baru ini, semoga anda lebih semangat lagi dalam berkarya menerbitkan tulisan-tulisan yang berkualitas dan memberikan manfaat bagi pembaca.

*Google and the Google logo are registered trademarks of Google Inc., used with permission.