Minggu, 22 Juli 2012

Rahasia Makanan Untuk Awet Muda

Rahasia makanan untuk awet muda, itulah topik yang akan admin bahas pada artikel berikut ini di mana memang salah satu resep untuk awet muda adalah dengan memperhatikan apa yang kita makan. Meskipun juga ada faktor lainnya yang mempengaruhi seseorang bisa awet muda.

Makanan yang bisa membuat anda lebih awet muda adalah makanan yang mengandung antioksidan dalam jumlah cukup. Tahukah anda bahwa antioksidan ini adalah semacam zat yang memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Sedangkan radikal bebas itu sendiri ialah suatu atom molekul atau senyawa yang mengandung satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan sehingga sangat reaktif. Sebenarnya radikal bebas ini juga bermanfaat bagi tubuh karena pada saat terjadi infeksi diperlukan untuk memusnahkan mikroorganisme yang menyebabkan infeksi. Akan tetapi akibat paparan dari radikal bebas yang terus menerus bisa mengakibatkan kerusakan sel, mengurangi kemampuan sel untuk beradaptasi terhadap lingkungannya, dan para akhirnya dapat menyebabkan kematian sel. Dan dampaknya adalah bisa menimbulkan penyakit ataupun mempercepat penuaan.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu anda untuk lebih awet muda :

1. Buah berry
Buah-buahan seperti blueberry, raspberry, cranberry, dan stroberi adalah buah yang kaya akan kandungan antioksidan seperti anthocyanin dan flavonoid. Anthocyanin ini dipercaya dapat melindungi tubuh manusia dari serangan kanker dan diabetes. Bahkan, menurut beberapa penelitian, blueberry bahkan dapat membantu degenerasi saraf lambat atau sebaliknya, meningkatkan memori, membatasi pertumbuhan sel kanker dan mengurangi peradangan. Tak hanya itu, karena buah berry ini biasanya juga kaya akan kandungan vitamin C yang amat bagus untuk kesehatan kulit.

2. Coklat hitam

makanan untuk awet muda
Coklat hitam ini juga kaya akan kandungan antioksidan sehingga bagus untuk anda konsumsi setiap hari asalkan tidak dalam jumlah yang berlebihan. Perlu anda catat bahwa tak semua coklat yang bisa anda temui di pasaran memiliki khasiat yang sama. Yang anda perlukan adalah dark chocolate (coklat hitam) apabila anda ingin mendapatkan manfaat dari antioksidan yang dikandungnya. Selain sehat bagi jantung, coklat hitam ini juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV, meningkatkan sirkulasi di kulit dan meningkatkan kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban, yang dapat mengurangi munculnya keriput dan membantu Anda terlihat lebih muda.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah salah satu sumber makanan di mana anda bisa mendapatkan asupan protein rendah lemak. Juga kaya akan kandungan serat yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Zat lainnya yang terkandung di dalam kacang adalah antioksidan, beragam vitamin dan mineral, serta potassium.

4. Ikan
Ikan memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh salah satnya adalah asam lemak omega-3 yang dipercaya dapat melindungi terhadap penyakit jantung, mengurangi peradangan, mengurangi risiko aritmia dan tekanan darah. Bahkan yang mengejutkan adalah sebuah penelitian yang menunjukkan kalau orang yang suka mengonsumsi ikan berkecenderungan hidup lebih lama. Mungkinkah itu salah satu sebab kenapa orang jepang banyak yaang berumur panjang.

5. Sayur-sayuran
Sudah bukan rahasia lagi apabila sayuran adalah termasuk bahan pangan yang sangat bagus untuk dikonsumsi. Selain kaya akan kandungan antioksidan, sayuran juga mengandung vitamin A, C, K dan E. apabila tujuan anda ingin mendapatkan sumber antioksidan, maka pilihan anda bisa jatuh pada sayuran yang berdaun hijau seprti bayam dan kangkung.

6. Whole grains

7. Bawang putih
Manfaat anti penuaan yang diperoleh dari bawang putih antara lain menurunkan kolesterol dan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menjaga dan memelihara kesehatan sel.

8. Buah alpukat
Alpukat ini sangat bagus apabila dikonsumsi sebagai makanan anti penuaan, karena kaya akan kandungan vitamin E dan kalium.

Yah, meskipun anda sudah memenuhi menu makanan anda dengan aneka makanan untuk awet muda di atas akan tetapi anda juga perlu untuk memperhatikan asupan air putih, dan juga istirirahat yang cukup pada malam hari.