Selasa, 31 Maret 2015

Ditemukan Spesies Jamur Unik Dengan Bentuk Mirip Manusia Berukuran Mini

Dunia ini penuh dengan hal-hal yang unik dan bahkan tak jarang berada di luar batas pemikiran manusia. Manusia terus belajar dan belajar agar bisa meningkatkan ilmu pengetahuan mereka seputar bumi dan alam semesta.

Baru-baru ini ditemukan satu hal unik lainnya yang mungkin akan membuat anda merasa tertarik untuk menyimaknya. Telah ditemukan jamur spesies baru yang bentuknya amat unik, kalau boleh dibilang sih seperti memiliki kepala, kaki dan lengan seperti halnya manusia.

Adalah Jonathan Revett di Cockley Cley, Norfolk, Inggris yang telah sukses menemukan spesies jamur ini. Jika anda melihat gambarnya, maka akan jelas terlihat bagaimana jamur ini memiliki bagian "tubuh" yang membuatnya bisa disebut mirip dengan bentuk manusia. Karena itulah jamur ini dinamakam Geastrum britannicum.

"Ini benar-benar aneh bagaimana bentuknya membuat mereka terlihat seperti memiliki kepala dan lengan. Itulah yang menarik perhatian saya," kata Jonathan.

jamur unik bentuk manusia

Kabar ini diberitakan oleh Mirror dan Daily Mail baru-baru ini. Sebenarnya jamur ini terlihat pada tahun 2000 lalu akan tetapi awalnya dianggap sebagai spesies jamur earthstar yang memang sudah bukan hal aneh lagi di Norfolk. Akan tetapi 15 tahun kemudian atau sekarang ini, ahli mikologi di negara Spanyol melakukan analisis urutan DNA dan mengkonfirmasi bahwa mereka adalah spesies yang sedikit berbeda.

Penemunya, Jonathan yang memang tertarik dengan Mikologi merasa senang bahwa dirinya telah menemukan jamur tersebut. "Aku tidak biasa menanyakan pada para ahli tetapi aku tahu jamur ini berbeda. Aku kembali ke situs itu setiap tahun untuk melakukan tur dan mereka selalu ada," katanya. Dan ternyata tak hanya di Norfolk jamur tersebut bisa diketemukan, akan tetapi juga di Hampshire dan Welsh Borders. Carl Chapman dari Wildlife Tours and Education menyatakan bahwa penemuan ini tak hanya baru bagi Norfolk tetapi juga bagi dunia. Ia senang bahwa jamur ini diteliti dan dikonfirmasi sebagai spesies baru.