Rabu, 05 Desember 2012

Pengertian Blog, Isi, dan Tujuan

Pengertian blog adalah pembahasan kita pada kesempatan kali ini, untuk memberikan gambaran secara gamblang apa itu yang dimaksud dengan blog.

Sebenarnya, blog itu sendiri adalah kependekan dari web log, yang biasanya berisi konten/artikel yang sifatnya dinamis. Dapat juga diartikan sebagai catatan online. Sebuah blog biasanya akan diupdate atau ditambahkan postingan terbaru, sehingga konten yang muncul di halaman depan blog bisa berubah setiap waktu tergantung frekuensi updatenya. Dengan demikian dapat diartikan blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.

Atau bisa juga diartikan lebih lengkap lagi bahwa blog adalah situs web yang berisikan tulisan, artikel, ataupun informasi bermanfaat lainnya yang sifatnya dinamis dan bisa diakses secara online baik untuk umum ataupun pribadi.

Biasanya, sebuah blog akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut : mempunyai nama dan alamat yang dapat diakses secara online, mempunyai tujuan/misi, mempunyai postingan atau isi/konten yang berupa informasi, catatan, atau artikel.

Tujuan blog sendiri bermacam-macam,misalnya saja dipergunakan sebagai media berbagai pengalaman, saling bertukar ilmu, atau bisa juga sebagai alat untuk berkarya atau aktualisasi diri, sebagian yang lain ngeblog untuk mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi.

pengertian blog
Image courtesy of renjith krishnan / FreeDigitalPhotos.net
Di dalam blog biasanya bisa juga anda temukan arsip konten yang memungkinkan anda menjelajah semua isi dalam sebuah blog serta adanya kolom komentar untuk meninggalkan komentar berupa kritikan atau saran.

Seiring berjalannya waktu kini blog juga lumrah dipergunakan untuk sarana promosi, anda bisa mereview suatu produk yang ingin anda jual dalam sebuah blog kemudian mempromosikannya. Cara mempromosikannya bisa dengan banyak cara misalnya dengan seo ataupun dengan memasang iklan.

Banyak sekali penyedia layanan yang memberikan fasilitas bagi anda untuk membuat blog tanpa membayar biaya sepeserpun, diantaranya adalah Blogger.com, wordpress.com, blogdetik.com, dsb.

Okelah, demikian pembahasan tentang apa pengertian blog, serta tujuan orang membuat blog itu untuk apa semoga bisa menambah khasanah pengetahuan anda.