Minggu, 02 Desember 2012

Pengertian Jaringan Komputer Serta Manfaatnya

Pengertian jaringan komputer - Jaringan komputer bisa didefinisikan sebagai sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).

Media jaringan komputer bisa melalui kabel atau tanpa kabel, hal tersebut memungkinkan pengguna jaringan komputer bisa saling bertukar informasi, misalnya saja data atau dokumen, dapat pula mencetak melalui printer yang sama di dalam satu jaringan yang sama, selain itu juga bisa saling berkomunikasi antara pengguna satu dengan lainnya melalui email atau chatting, serta untuk mengakses informasi (web browsing).

Di dalam sebuah jaringan komputer terdapat 2 pihak yang saling melakukan interaksi untuk mencapai tujuan yang sama, mereka adalah pihak client dan pihak server. Pihak client ini adalah pihak yang menerima atau meminta layanan, sedangkan pihak server ialah pihak yang mengirimkan layanan. Perlu anda ketahui bahwa dalam sebuah jaringan komputer itu terdapat puluhan, ribuan, dan bahkan jutaan node. Tahukah anda apa itu node? Yaitu setiap komputer atau perangkat lain yang terhubung dalam suatu jaringan.

pengertian jaringan komputer

Tujuan jaringan komputer

Tujuan dibangunya suatu jaringan komputer ialah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari pihak pengirim (transmitter) menuju ke pihak penerima (receiver) melalui media komunikasi.

Berdasarkan fungsinya, jaringan komputer memiliki dua jenis, yaitu client-server dan peer-to-peer. Client Server yaitu jaringan komputer yang memiliki sebuah komputer yang dijadikan sebagai server. Peer-to-peer yaitu jaringan komputer yang memungkinkan setiap host dapat menjadi server maupun client secara bersama-sama.

Manfaat jaringan komputer

1. Bermanfaat sebagai sharing resources
Ini berarti bahwa dibangunnya jaringan komputer adalah agar seluruh peralatan, program, dan peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap pengguna di dalam jaringan komputer tersebut.

2. Bermanfaat sebagai pengembangan dan pemeliharaan peralatan
Manfaat lainnya dari jaringan komputer adalah untuk memudahkan dan sekaligus memiliki keuntungan menghemat biaya dalam pengembangan peralatan, sebab setiap pembelian komponen-komponen seperti misalnya printer maka cukup membeli satu buah printer saja, karena satu printer tersebut bisa dipergunakan secara bersama-sama. Tak hanya itu, dengan adanya jaringan komputer juga memudahkan pengguna dalam perawatan hardisk dan perangkat lainnya, seperti misalnya saat ingin memberikan perlindungan terhadap serangan virus, maka cukup memusatkan perhatian pada hardisk komputer pusat saja.

3. Bisa berfungsi sebagai media komunikasi yang efektif
Jaringan komputer bisa memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna satu dengan yang lainnya, baik untuk mengirim informasi atau pesan yang penting maupun untuk teleconference.

4. Sebagai keamanan data
Dengan adanya sistem jaringan komputer, maka data-data yang tersimpan akan lebih aman karena hanya akan disimpan di dalam komputer pusat yang tentu saja hanya bisa diakses oleh para user yang mempunyai hak akses.

5. Sebagai integrasi data
Dengan adanya jaringan komputer, maka ketergantungan pada komputer pusat dapat berkurang, karena setiap pemrosesan data tidak semuanya dilakukan oleh satu komputer saja, namun bisa diproses di komputer lainnya. Maka dari itu jaringan komputer dapat membentuk integrasi data yang memudahkan pengguna untuk mengolah dan memperoleh informasi setiap saat.

Yah itulah pengertian jaringan komputer serta beberapa manfaat jaringan komputer, semoga bisa mencerahkan pikiran anda dan memahami betul tentang istilah tersebut.